Rabu, 6 Juni 2012 11:31:01
Husni Mubarak. merdeka.com/www.guardian.co.uk





Baru dua hari di penjara, Mubarak langsung sakit

Reporter : Ardyan Mohamad


Merdeka.com - Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak langsung sakit setelah hampir tiga hari masuk penjara. Dia langsung dibui setelah pengadilan menjatuhkan hukuman seumur hidup akhir pekan lalu.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Rabu (6/6), Mubarak berulang kali pingsan ketika dijenguk istrinya, Suzanne. Kedua putranya, Alaa dan Gamal, ditahan di penjara yang sama, juga ikut berkunjung.

Pemerintah Mesir menyatakan kondisi kesehatan mantan diktator itu terus memburuk sejak ditahan. "Kesehatan mantan presiden sejauh ini terus menurun," tulis kantor berita MENA.

Husni Mubarak dihukum seumur hidup karena memerintahkan pembunuhan 900 pengunjuk rasa saat demonstrasi Februari tahun lalu. Dia juga didakwa terlibat korupsi, meski dinyatakan tidak bersalah.

Mantan presiden ini kabarnya marah besar karena langsung dipindahkan ke Penjara Tora, di pinggiran Ibu Kota Kairo. Selama beberapa bulan terkahir, dia ditahan di rumah sakit militer.

Sambil marah-marah, salah satu sumber menyatakan Mubarak minta bertemu kepala junta militer dan menteri dalam negeri karena menolak dipindah ke penjara. "(Pemindahan ke penjara) tidak sesuai perjanjian selama ini," ujar Mubarak seperti ditirukan sumber itu.

Sesampai di Penjara pada Ahad dini hari waktu setempat, petugas memasukkan Mubarak ke ruang perawatan. Dia menolak makan dan kabarya selalu murung. Selain ogah memakai baju tahanan warna biru, diktator ini mendesak sipir mengizinkan cucunya, Umar, berkunjung.

Husni Mubarak harus lengser dari jabatannya selama lebih dari tiga dekade menjadi presiden Mesir. Dia tumbang pada 11 Februari 2011 setelah gelombang unjuk rasa besar-besaran dari berbagai elemen politik dan masyarakat.

Meski mendapat hukuman berat, beberapa pihak masih tidak puas dengan putusan itu. Kemarin, ribuan orang berunjuk rasa di Lapangan Tahrir menuntut Mubarak dihukum mati.

(mdk/fas)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS