Selasa, 8 Januari 2013 12:30:00
Es laksamana mengamuk. ©2013 Merdeka.com/fansculinary.com



Laksamana mengamuk, minuman khas tanah Melayu


Reporter : Destriyana



Merdeka.com - Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang dikenal dengan adat Melayu yang masih kental. Selain memiliki lansekap-lansekap alam yang indah, Riau juga menyimpan kekayaan kuliner tanah Melayu yang patut dicoba. Contohnya saja es laksamana mengamuk.

Nama minuman ini memang terbilang cukup unik dan tak biasa, terutama bagi mereka yang pertama kali mendengarnya. Kita pun dibuat bertanya-tanya tentang makna di balik nama minuman tersebut.

Konon, dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk di sebuah kebun kuwini - sejenis mangga yang memiliki daging buah yang lembut dan aroma yang harum. Ia mengamuk lantaran istrinya dibawa kabur oleh pemiliki kebun tersebut. Untuk melampiaskan amarahnya, sang laksamana pun menghempaskan pedangnya ke segala arah. Akibatnya, puluhan kuwini pun jatuh ke tanah dan rusak.

Sehabis menuntaskan semua amarahnya, sang laksamana pun pulang ke rumahnya. Warga yang kala itu takut melihat kemarahan sang laksamana tak berani mendekat. Lalu setelah ia pergi, para warga berbondong-bondong mengumpulkan puluhan kuwini yang jatuh ke tanah. Pada awalnya, mereka sempat bingung mengenai akan diapakan semua kuwini yang telah kumpulkan. Akhirnya, seorang wanita mencampurkan potongan-potongan buah kuwini itu dengan santan dan gula. Kemudia minuman itu dibagikan untuk warga sekampung.

Kini, laksamana mengamuk menjadi minuman khas yang sering disajikan pada acara perjamuan, buka puasa, dan perayaan hari besar lainnya. Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi kenikmatan kuwini asli Riau yang dipadu dengan legitnya santan dan gula, minuman ini bisa dijumpai di berbagai rumah makan atau restoran khas Melayu.

Namun, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara pembuatannya sangat sederhana kok.

Bahan:

Kuwini, bersihkan dan potong dadu
Santan
Gula pasir
Daun pandan
es

Cara membuat:

- Didihkan santan dan masukkan gula pasir sesuai selera.

- Tambahkan daun pandan untuk memberi aroma harum pada santan.

- Diamkan santan supaya dingin. Kemudian masukkan potongan kuwini ke dalamnya.

- Bila suka dingin, tambahkan beberapa potongan es ke dalam gelas.

Es laksamana mengamuk siap disajikan!

(mdk/des)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM