Kamis, 12 September 2013 13:11:40
Ilustrasi hantu. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Kuttelvaserova Stuchelova





Mu-onna, hantu ibu yang pendendam

Reporter : Destriyana


Merdeka.com - Jepang adalah salah satu negara yang dikenal karena budayanya. Seperti halnya Indonesia, hal-hal berbau mistis atau mitos menjadi sesuatu yang masih diyakini di Jepang sampai sekarang.

Sebut saja Mu-onna, salah satu hantu dalam cerita rakyat Jepang. Mu-onna adalah arwah seorang ibu yang pendendam. Itu dikarenakan dirinya kehilangan anak kesayangannya akibat kelaparan panjang atau perang.

Di satu sisi, Mu-onna digambarkan sebagai sosok arwah yang suka melindungi anak-anak yang berada dalam bahaya. Di sisi lain, hantu ini juga senang merasuki atau menyerap seorang anak ke dalam tubuhnya. Saat merasuki atau menyerap korban, hantu ini bisa melihat ke dalam jiwa anak untuk menggali informasi tentang korban.

Untuk itu, Mu-onna harus membaca mantra sehingga jiwa anak tersebut tertidur. Karena Mu-onna terbentuk dari perasaan lembut seorang ibu, dia juga bersedia berkorban untuk melindungi anak yang dirasukinya itu.

Dalam anime Inuyasha seri Mu-onna, hantu ini digambarkan sebagai setan yang mencoba untuk menyerap Inuyasha atas perintah Jaken. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan informasi di mana makam Inu no Taisho berada. Namun sebelum Inuyasha sempat dihancurkan oleh cakar Sesshoumaru, kakaknya, Mu-onna mengorbankan dirinya - dengan menggunakan tubuhnya - untuk melindungi Inuyasha dari serangan saudara tirinya tersebut.

(mdk/des)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS