Minggu, 10 Februari 2013 13:07:42
Ilustrasi selulit. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock



Selulit: Penyebab dan solusinya


Reporter : Destriyana



Merdeka.com - Selulit adalah guratan putih di sepanjang kulit, terutama paha, perut, panggul, dan betis. Masalah kulit yang umum dialami wanita ini juga berkaitan dengan kenaikan berat badan dan pertumbuhan cepat selama masa pubertas.

Berikut adalah beberapa keadaan yang dapat menyebabkan selulit dan cara mengatasinya, seperti dilansir Boldsky.

1. Kehamilan

Kehamilan adalah faktor utama yang memicu munculnya selulit pada kulit (terutama di perut).

2. Faktor hormonal

Faktor hormonal juga berkontribusi pada pembentukan garis-garis putih halus pada kulit.

3. Nge-gym

Banyak pria kini gemar membentuk tubuh mereka dengan latihan di gym. Namun, mereka tak menyadari bahwa selulit muncul akibat peregangan otot yang tumbuh secara bertahap.

4. Kenaikan berat badan yang drastis

Kenaikan berat badan yang drastis tidak hanya buruk bagi kesehatan, tetapi juga bagi kulit. Kulit menjadi bagian yang paling sensitif sebab cenderung mengalami peregangan, terutama pada lengan dan kaki.

5. Kondisi

Kondisi kulit memainkan peran penting dalam pembentukan dan pengembangan selulit. Kulit kering memiliki tingkat elastisitas dan kelembapan yang rendah. Oleh karenanya, orang dengan kulit kering lebih rentan terkena selulit daripada orang yang memiliki kulit berminyak.

Tenang, ada cara alami untuk mengatasi selulit. Yuk ikuti beberapa tips sederhana Berikut ini.

1. Makanan sehat

Perbanyak asupan protein dan vitamin C dan E dalam menu harian Anda. Makanan ini memelihara tubuh Anda dari dalam dan luar, serta membuat kulit jadi mulus (karena mendorong pertumbuhan jaringan baru dan menyembuhkan jaringan yang telah rusak dari kulit).

2. Makanan yang mengandung zinc

Makanan yang mengandung zinc, khususnya kacang-kacangan dan biji-bijian, dapat mencegah perkembangan selulit. Kandungan vitamin K dalam makanan, seperti produk susu, sayuran berdaun hijau dan tomat, juga dapat mempercepat penyembuhan selulit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki enzim yang dapat mendorong pergantian jaringan kulit yang rusak, menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Untuk menghilangkan selulit, pijat bagian kulit yang mengalami peregangan.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun sering direkomendasikan untuk pengobatan selulit. Oleskan minyak pada selulit tiga kali sehari untuk menginduksi pertumbuhan jaringan kulit baru. Pada gilirannya, cara ini dapat mengurangi peregangan secara bertahap.

5. Scrub atau pengelupasan

Gunakan scrub untuk mengelupas jaringan kulit yang mati dan rusak pada selulit. Pastikan Anda menggunakan pelembap setelah Anda melakukan scrubbing.

Perbanyak minum air dan lakukan olah raga rutin yang baik untuk kesehatan. Percayalah, kecantikan kulit terpancar dari tubuh yang sehat.

(mdk/des)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 

Kamu suka berita
wanita merdeka ?

Install Merdeka.com apps di Android
Dapatkan update beritanya





KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM