Kamis, 20 Desember 2012 14:32:55
Jokowi di Kali Ciliwung. ©2012 Merdeka.com/imam buhori



3 Program andalan Jokowi atasi banjir di Jakarta


Reporter : Nurul Julaikah



Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menetapkan tiga program unggulan untuk mengatasi banjir di Jakarta. Sebagai bentuk realisasinya, pria yang akrab disapa Jokowi ini mengalokasikan sebagian dari dana belanja langsung sebesar Rp 29,97 triliun.

Anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2013 ini dibagi dalam dua jenis, yakni program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) sebesar Rp 18,09 triliun, sedangkan penyelenggaraan program unggulan mencapai Rp 11,88 triliun.

Dari beberapa program yang diungkap Jokowi pada pertemuannya dengan anggota dewan saat sidang paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, satu di antaranya terkait masalah pembebasan lahan serta pembangunan di sepanjang bantaran Kanal Banjir Timur (KBT).

Kemudian melakukan normalisasi sungai dan saluran drainase, serta pembersihan sampah sekaligus pengerukan sungai dan saluran di lima wilayah DKI. Terakhir, Pemprov DKI akan melakukan penataan pembangunan Situ, Waduk dan tanggul.

Berikut program unggulan Jokowi untuk mengatasi banjir di Jakarta:

1. Pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT), untuk penyelesaian pembebasan lahan serta pembangunan jalan dan saluran pengaman sejajar KBT;

2. Normalisasi sungai dan saluran drainase, meliputi perbaikan perkuatan tebing melalui pembangunan sheet pile; Inventarisasi dan pembebasan lahan utamanya untuk Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Sunter; pembersihan sampah serta pengerukan sungai dan saluran di lima wilayah kota.

3. Penataan pembangunan situ, waduk dan tanggul pengaman pantai, yaitu pembangunan embung; pembebasan lahan dan pembangunan waduk; serta pembangunan tanggul pengaman di pantai utara Jakarta.

(mdk/tyo)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM