Jumat, 23 November 2012 19:11:00
Proton Exora



Rancang MPV kecil, Proton pakai platform Jazz


Reporter : Otosia.com



Merdeka.com - Langkah kolaborasi antara Honda dan Proton disampaikan oleh pihak prinsipal. Namun memang rencana ini masih belum menunjukkan model apa yang akan mereka bangun bersama. Setelah beredar kabar bahwa akan ada produk kompak bernama Emas, Proton juga menyiapkan model MPV Exora dengan platform dari Honda Jazz atau Freed.

"Bisa jadi MPV yang lebih kecil dari Exora, atau model lain seperti SUV. Model yang belum kami miliki," Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia Gunther Schrez di Jakarta, yang mengaku mendapat informasi resmi dari prinsipal terkait kolaborasi tersebut.

Yang menarik, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku penaung Honda di Indonesia sedang mempersiapkan kehadiran MPV Brio yang disebut-sebut akan mulai diproduksi dalam dua tahun mendatang.

"MPV Brio tunggu saja. Akan kami produksi saat pabrik baru siap," ungkap Jonfis Fandy, Marketing After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, di Jakarta. "Pabrik baru kami selesa 2014," tambahnya menunjukkan bocoran.

Tak hanya waktu peluncuran, beredar kabar bahwa mobil ini sudah ada dan sedang diuji coba, walaupun kabar ini masih jauh dari titik kejelasan.

Sementara itu, beberapa media asing sempat membocorkan model desain komputer MPV Brio yang modelnya masih serupa dengan Honda Freed. Honda Prospect sendiri dalam pencanangan pembangunan pabrik perakitan kedua di Karawang, 4 Juni lalu, sempat mengutarakan akan membangun MPV kecil baru yang kemudian dikaitkan dengan Brio MPV.

Takanobu Ito selaku President, Chief Executive Officer, and Representative Director Honda (Pusat), kala itu hanya menyampaikan petunjuk-petunjuk kecil. "Tahap selanjutnya, kami mempersiapkan model baru di pasar otomotif Indonesia. Mulai dari Brio, hingga MPV kecil baru, dengan harga terjangkau, yang akan diproduksi di pabrik baru ini," ungkapnya kala itu.

Asumsi ini pun diperkuat Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran & Purnajual PT Honda Prospect Motor, pada suatu kesempatan membicarakan Honda MPV murah. "Sebanyak 70 persen penjualan mobil di Indonesia dikuasai Low MPV. Sudah bertahun-tahun segmen low MPV di bawah Rp. 200 juta menjadi pasar yang sangat gemuk," kata Jonfis.

Jadi, mungkinkah ini Proton berwujud MPV Brio?

(kpl/why/nzr)



Sumber: Otosia.com

CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM