Rabu, 28 November 2012 20:57:23
Bank Mutiara. ©2012 Merdeka.com/dok





Bank Mutiara tolak membayar dana investor Antaboga

Reporter : Arie Sunaryo


Merdeka.com - Bank Mutiara menolak membayar dana 27 nasabah Antaboga di Solo yang sebelumnya telah diputuskan Mahkamah Agung (MA) untuk diberi ganti rugi. Pernyataan itu disampaikan kuasa hukum Bank Mutiara M Mahendradatta di Solo, Jawa Tengah

"Dalam kasus serupa (yurisprudensi) di Surabaya, MA menyatakan Bank Mutiara tidak perlu membayar uang nasabah Antaboga Surabaya Wahyudi Prasetio sebesar Rp 66 miliar. Putusan tersebut juga harus diikuti hakim lain, termasuk Pengadilan Negeri Solo," ujar Mahendradata didampingi Coorporate Secretary Bank Mutiara Rohan Hafas.

Sebagai tindak lanjut putusan tersebut, Mahendradatta menyatakan akan mendatangi PN Surakarta untuk membatalkan eksekusi kasasi. Penolakan pembayaran dilakukan karena Bank Mutiara tidak mungkin membayar dana yang dimiliki 27 nasabahnya karena tidak memiliki hubungan hukum.

Menurutnya, mereka bukan nasabah Bank Century kini bernama Bank Mutiara, tapi merupakan investor Antaboga.

Sementara itu, dalam putusan kasasi, MA menyatakan bahwa gugatan Wahyudi merupakan kasus pengingkaran kesepakatan atau wanprestasi. Kasus serupa yang disidang di PN Surakarta yang melibatkan 27 nasabah Antaboga dengan Bank Century, diadili dengan dasar UU Perlindungan Kosumen.

Mahendradatta berharap penjelasan tersebut bisa dipahami oleh para investor Antaboga, sehingga mereka tidak perlu lagi menagih pembayaran kepada Bank Mutiara. "Kalau ada yang masih tidak puas, silahkan mereka untuk menempuh jalur hukum kembali," pungkasnya.

(mdk/tyo)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS