Jumat, 28 September 2012 14:11:11
Green Peace. ©2012 Merdeka.com



Greenpeace demo & serahkan sampel air Citarum yang tercemar


Reporter : Andrian Salam Wiyono



Merdeka.com - Puluhan aktivis Greenpeace berunjukrasa di depan Kantor Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar, Jalan Naripan, Bandung. LSM lingkungan itu juga memberikan sampel air sungai Citarum yang sudah tercemar limbah bahan beracun.

Menurut mereka, sungai terpanjang di Jawa Barat ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Selain sangat tak layak jika digunakan untuk sehari-hari, Citarum juga menjadi sumber penyakit.

Di sela-sela aksinya, juru kampanye air bebas racun Greenpeace Ahmad Ashov Birry, mengatakan sampel Citarum sudah diambil di beberapa titik di sepanjang Sungai Citarum, seperti di Baleendah, Padalarang, Curug Jompong, dan Majalaya.

"Kita serahkan, agar BPLHD segera menginvestigasi dan menelusuri bahwa ini memang beracun, kita ingin tunggu hasilnya," kata Ahmad, Jumat (28/9).

Selanjutnya Greenpeace menunggu hasil dari BPLHD yang kemudian akan juga disosialisasikan kepada masyarakat. "Kita masyarakat Jabar harus tahu sejauh mana pencemaran terhadap Sungai Citarum, dan siapa saja industri yang mencemarinya," jelasnya.

Selain Greenpeace, LSM Walhi juga turut serta dalam aksi tersebut. Mereka berbaur dan meminta agar kasus Citarum ini bisa segera ditindaklanjuti.

Sampel air Citarum itu dimasukan ke dalam bok berisi botol-botol plastik. Sampel diterima perwakilan BPLHD Jabar, yakni Sekreertaris BPLHD Bambang Tirto, dan lainnya.

Sementara itu, Sekrertaris BPLHD Jabar Bambang Tirto menyambut baik apa yang tengah dilakukan Greenpeace. Dia berjanji akan segera menindaklanjuti untuk mengetahui pencemaran yang ada di Citarum. "Kita apresiasi itu," ujarnya.

Aksi sendiri tak berlangsung lama karena hanya sekitar setengah jam. Namun aksi yang dilakukan Greenpeace cukup menarik pengendara yang melintas, karena mereka mengenakan busana botol laboratorium raksasa. Aksi pun mendapat pengawalan ketat dari kepolisian.

(mdk/hhw)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM