Selasa, 20 Agustus 2013 16:37:03
mahkamah konstitusi. merdeka.com





Hamdan Zoelva terpilih jadi wakil ketua MK

Reporter : Ahmad Baiquni


Merdeka.com - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang terbuka pemilihan Wakil Ketua baru. Sidang terbuka digelar karena Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) tidak bisa mencapai kata mufakat.

Dalam bursa pemilihan wakil ketua MK, terdapat delapan hakim konstitusi yang memiliki hak untuk dipilih dan memilih. Namun demikian, enam orang hakim menyatakan tidak bersedia menggunakan haknya untuk dipilih, sehingga kandidat hanya mengerucut dua nama, yaitu Hamdan Zoelva dan Ahmad Fadlil Sumadi.

Pemilihan dilakukan secara voting oleh sembilan hakim konstitusi, dan terpilihlah Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva sebagai Wakil Ketua MK baru menggantikan Achmad Sodiki dengan mendapat 5 suara. Sedangkan Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi mendapat 3 suara, dan satu suara menyatakan abstain.

"Perolehan suara menyatakan, Ahmad Fadlil Sumadi 3 suara, Hamdan Zoelva 5 suara, dan abstain 1 suara. Berdasarkan hal itu, Hamdan Zoelva terpilih sebagai Wakil Ketua MK periode 2013-2016 dengan masa jabatan 2 tahun 6 bulan terhitung sejak sumpah jabatan dilakukan," ujar Ketua MK Akil Mochtar memimpin sidang pemilihan wakil ketua di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (20/8).

Usai terpilih, Hamdan belum dapat menjalankan tugas sebagai wakil ketua. Ia dapat bertugas usai mengucapkan sumpah jabatan yang rencananya akan digelar pada Kamis (22/8) mendatang. Hamdan akan mendampingi Akil Mochtar yang terpilih sebagai Ketua MK.

Hamdan Zoelva merupakan hakim yang diajukan oleh pemerintah. Ia adalah seorang Doktor Ilmu Hukum Tata Negara lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung.

Sebelum menjadi hakim konstitusi, Hamdan pernah bergelut dalam dunia hukum dan peradilan sebagai seorang advokat. Selain itu, dia juga aktif mengajar di beberapa universitas, salah satunya Universitas Islam Asy Syafiiyah, Jakarta.

Hamdan pun pernah terlibat dalam perpolitikan nasional dengan menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Partai Bulan Bintang (FPBB) periode 1999-2004.

(mdk/ian)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS