Kamis, 30 Mei 2013 13:21:22
Gedung Kejaksaan Agung. Merdeka.com/Imam Buhori



Kasus korupsi laboratorium sekolah, pejabat Kemenag diperiksa


Reporter : Dedi Rahmadi



Merdeka.com - Affandi Mochtar, Sesditjen Pendidikan Islam Kemenag diperiksa penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait korupsi pengadaan laboratorium IPA Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Affandi diperiksa sebagai saksi.

"Untuk dugaan tindak pidana korupsi Lab IPA Mts dan MA diperiksa satu saksi bernama Affandi Mochtar dari Setjen Kemenag RI," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Setia Untung Arimuladi di Jakarta, Kamis (30/5).

Untung mengatakan kemarin penyidik Pidana Khusus Kejagung juga memeriksa saksi dua saksi, Rijal Rohani/PNS Kemenag yang pokoknya terkait masalah tugas kepanitiaan pengadaan lelang karena saksi itu selaku ketua panitia pengadaan pengadaan laboratorium itu.

"Satu saksi sisanya tidak hadir adalah HA Saifuddin/dir pendidikan diniyah & pondok pesantren Kemenag selaku Pejabat pembuat komitmen karena tugas/dinas luar berdasarkan surat permohonan penundaan pemeriksaan no:37/M-ass/V/2013 tanggal 28 Mei 13," tutur Untung.

Diketahui, kasus ini terjadi pada 2010 saat Kementerian Agama memperoleh dana sesuai APBN Perubahan untuk proyek pengadaan alat laboratorium IPA untuk Mts dan Ma se-Indonesia. Anggaran yang diperuntukkan kepada Mts sebesar Rp 27,5 miliar sedangkan untuk Ma senilai Rp 44 miliar, sehingga total nilai proyek tersebut sebesar Rp 71,5 miliar.

(mdk/bal)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM