Minggu, 8 September 2013 03:15:00
Ilustrasi pelajar. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman





Kontingen Jateng raih juara umum di olimpiade sains nasional

Reporter : Parwito


Merdeka.com - Berhasil meraih 26 emas, 36 perak dan 44 perunggu tim Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jawa Tengah berhasil meraih predikat sebagai juara umum pada ajang Kompetisi OSN tingkat nasional ke XII tahun 2013 di Bandung, Jawa Barat.

Kompetisi yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan digelar di beberapa tempat di Bandung, di antaranya di Hotel Jayakarta dan Kampus ITB.

Kompetisi OSN yang digelar setiap tahun ini di mulai pada 2-7 September dan ditutup sekitar pukul 16.00 WIB sore tadi.

"Kompetisi OSN di Bandung ini diikuti oleh pelajar seluruh di Indonesia dengan peserta dari tingkat SMA/SMK dan guru setara Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. Termasuk OSN terapan untuk SMK kejuruan. Sementara untuk tingkat SD dan SMP sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Batam dan Kaltim," ungkap Ketua Rombongan OSN Jateng Aufrida Kriswati saat dikonfirmasi merdeka.com Sabtu(7/9) melalui telepon selulernya.

Tim OSN Jateng sendiri berhasil meraih predikat sebagai juara umum melalui perjuangan panjang. Termasuk melibatkan beberapa pakar dan akademisi dari beberapa perguruan tinggi.

Pakar dan ahli tersebut dari perguruan tinggi; Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Semarang (UNES), Universitas Negeri Solo (UNS) dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

"Karantina diberlakukan kepada ratusan pelajar peserta OSN yang telah melalui seleksi di tingkat Jateng. Difasilitasi oleh pemerintah propinsi (Pemprov) Jateng dengan melibatkan akademisi beserta stakeholder,"ungkapnya.

Aufrida menyatakan, seluruh pelajar peserta Kompetisi OSN ke XII yang berhasil meraih medali emas ini, berhak untuk mengikuti seleksi nasional. Guna mengikuti ajang kompetisi OSN di tingkat Internasional.

"Mereka nanti akan mengikuti seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan untuk maju ke ajang internasional,"ungkapnya.

Aufrida menambahkan, pada kesempatan yang sama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan apresiasi kepada para pelajar dari Jateng yang berhasil meraih medali. Sehingga dengan perjuangan gigih mereka, Jateng bisa meraih predikat sebagai juara umum Kompetisi OSN ke XII ini.

"Pak Ganjar tadi juga menelepon kami, pertama beliau langsung mengucapkan selamat atas keberhasilan tim kami. Kedua beliau menginginkan untuk bertemu langsung dengan ratusan pelajar yang berhasil meraih medali di ajang Kompetisi OSN XII di Bandung ini," tambahnya.

Seperti beberapa tahun sebelumnya, para pelajar yang menjuarai Kompetisi OSN ini akan mendapatkan bonus atau penghargaan dari Pemprov Jateng. Penyerahan penghargaan dan bonus ini akan dilakukan bertepatan pada hari guru yang akan digelar pada 2D November 2013 mendatang.

Berikut peringkat perolehan medali Kompetisi OSN ke XII Tahun 2013 yang digelar di Bandung, Jabar:

1. Jateng; 26 emas, 36 perak dan, 44 perunggu.

2. DKI Jakarta: 26 emas , 22 perak dan 26 perunggu.

3, Jabar: 11 emas , 22 perak dan 26 perunggu.

4. Jatim: 9 emas, 22 perak dan 33 perunggu.

5. Banten: 7 emas , 15 perak dan 11 perunggu.

(mdk/tyo)


SHARE & FOLLOW






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS