Kamis, 16 Mei 2013 23:33:00
Gedung KPK. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko





KPK buka kesempatan TNI untuk jadi pegawai dan penyidik

Reporter : Agib Tanjung


Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan perekrutan pegawai baru di tahun 2013, terutama mencari pegawai untuk menjadi penyidik dalam membantu proses kerja KPK berikutnya. Program perekrutan ini disebut dengan nama 'Indonesia Memanggil'.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) KPK, Apin Alfian didampingi Johan Budi selaku Juru Bicara KPK, menyampaikan dari program itu membuka kesempatan semua kalangan, baik TNI maupun Polri menjadi bagian dari penyidik di KPK. Terutama TNI jika berminat, karena dari Polri sudah mengirimkan penyidiknya bekerja di KPK.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Mabes TNI, jika TNI mau bekerja di KPK, dia harus alih profesi dan harus mencopot atau mengundurkan diri terlebih dahulu dari TNI. Ini sudah ada ketentuan juga dari Mabes TNI," kata Apin di Gedung KPK, Kamis (16/5).

Menurut Apin, mulai nanti malam pendaftaran akan dibuka di website milik KPK. Dari perekrutan ini, KPK akan mencari 286 posisi dan 72 nama jabatan.

"Kalau minat semua masyarakat bisa mendaftarkan segera. Batas umur pendaftar 25 sampai 52 tahun. Batas pendaftaran dimulai dari tanggal 16 Mei 2013 sampai 25 Mei 2013," ujar Apin.

Apin menjelaskan, posisi pegawai yang dibutuhkan KPK meliputi Deputi, informasi dan data, lalu Kabag Protokoler, Fungsional/Penyidik, dan bagian Administrasi. Dari semua posisi tersebut akan melewati proses tes seleksi dari tim seleksi KPK, termasuk wawancara.

Ditanya soal masalah gaji, Johan pun ikut menjelaskan bahwa di KPK mempunyai gaji yang layak dan cukup namun tidak mempunyai tunjangan.

"Pegawai KPK hanya terima gaji saja, tidak ada tunjangan macam-macam, kecuali tunjangan kesehatan. Paling rendah kalau di bagian fungsional 8 sampai 9 juta," ujar Johan.

(mdk/tyo)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS