Senin, 11 Maret 2013 11:08:13
Demo BJB. ©2013 Merdeka.com





Massa di Gedung Sate tuntut DPRD Jabar bentuk Pansus BJB

Reporter : Andrian Salam Wiyono


Merdeka.com - Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Penyelamat Bank Jabar Banten (BJB) menggeruduk Gedung Sate, Bandung. Mereka menagih janji DPRD yang sebelumnya akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengusut dugaan korupsi BJB.

Juru Bicara Forum Penyelamat BJB, Andri P Kantaprawira mengatakan, BJB merupakan milik masyarakat Jawa Barat. Sudah selayaknya DPRD sebagai representasi masyarakat menindaklanjuti persoalan-persoalan BJB.

"Persoalan ini sudah sangat terang mencuat ke publik melalui berbagai pemberitaan yang kini sudah mulai ditindaklanjuti KPK dan Kejagung," katanya di sela aksi, Senin (11/3).

Menurutnya, tak ada toleransi lagi DPRD untuk menunda-nunda pembentukan Pansus. "Ini jelas adanya aktor di balik penguasa di Jabar yang mampu memengaruhi manajemen Bank BJB," jelasnya.

Apalagi, imbuh dia, Pemprov punya andil saham 38 persen di bank kebanggaan warga Jawa Barat dan Banten ini.

Dia menjelaskan kasus yang mencuat kadung menjadi konsumsi publik. Misalnya kasus dugaan mark-up Pengadaan Gedung Operasional BJB Tower di Jakarta, pemberian kredit fiktif PT Cipta Inti Parmindo.

"Kami minta DPRD mengungkap aktor intelektual yang mampu mempengaruhi BJB sehingga terjadinya kasus pembobolan bank yang merugikan negara ratusan miliar rupiah," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan orang masih melakukan orasi di depan Gedung Sate. Mereka mengusung poster 'Selamatkan BJB'. Sementara beberapa perwakilan mereka beraudiensi dengan anggota DPRD Komisi C. Aksi mendapat pengawalan dari puluhan aparat kepolisian.

(mdk/ren)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS