Senin, 28 Mei 2012 16:52:46
Rumah Triyono. merdeka.com/Parwito





Sebelum bunuh diri Triyono tulis surat wasiat

Reporter : Parwito


Merdeka.com - Aparat Polres Magelang menemukan selembar surat wasiat yang sengaja ditinggalkan Triyono Puji Jayadi sebelum nekat melakukan aksi bunuh dirinya. Surat wasiat ditemukan di rumahnya di Dusun Rejosari I, Desa Tanjunganom, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah .

Selembar surat wasiat itu bertuliskan, "Tulung barang-barangku ini diantar ke Kauman (rumah asli korban) ya.!!!!. Aku yo tulong diterke bali nang Kauman (trie)," tulis Triyono.

Dari selembar tulisan tersebut, dugaan bahwa Triyono bunuh diri semakin kuat. Triyono bunuh diri dengan cara membakar rumah, menusuk diri dan terjun ke sumur. Dalam olah TKP sementara juga diketahui jika bara api yang membakar rumah tersebut berasal dari ruang tamu.

"Tapi semua masih dalam penyelidikan. Kita sudah terjunkan tim untuk olah tempat kejadian perkara untuk memastikan penyebab kejadian tersebut," kata Kapolres Magelang, AKBP Guritno Wibowo, kepada merdeka.com Sabtu (26/5) saat di TKP.

Selain menemukan surat wasiat, saat olah tempat kejadian perkara (OTKP) polisi juga menemukan sejumlah barang bukti diantaranya pisau bayonet, dan buku diary di atas tumpukan pakaian yang diletakkan di halaman rumah korban Puji.

Kasat Reskrim Polres Magelang, AKP Slamet Riyadi menambahkan sehari sebelum kejadian, korban beberapa kali mengeluh sedang ada masalah dengan istrinya. Bahkan sempat curhat hendak bunuh diri.

"Dia sempat mengeluh kepada pemilik warung di pertigaan (Dusun Rejosari I),"ujar Slamet.

Selain itu, ada beberapa saksi yang melihat jika beberapa hari belakangan sikap, gerak-gerik dan tingkah laku korban aneh tidak seperti biasanya.

"Ada warga yang sempat memergoki korban sedang mengasah pisau. Tapi saat ditanya untuk apa? Korban tidak menjawab," ucap Slamet.

Sampai saat ini, aparat Polres Magelang masih melakukan pemeriksaan secara intensif sejumlah saksi dan keluarga korban. Termasuk istrinya Parwati yang sehari-hari tinggal di Wonosari Jogjakarta.

"Baru kita mintai keterangan," papar Slamet.

Jenazah korban sudah diberikan kepada pihak keluarga. Sejauh ini, keluarga juga tidak menginginkan jenazah untuk dioutopsi.

"Pihak keluarga sudah menerima, dan mungkin segera dimakamkan," pungkas Slamet.

Depresi lantaran ditinggal sang istri pergi, Triyono Puji Jayadi (39) akhirnya memilih mengakhiri hidupnya dengan loncat ke sumur. Bahkan sebelum bunuh diri, warga Dusun Rejosari I, Desa Tanjunganom, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jateng nekat membakar rumah dan menusuk perutnya sendiri dengan pisau.

Aksi bunuh diri Triyono diketahui setelah rumah yang biasa ditinggalinya terbakar dinihari tadi. Saat itu, rumah Triyono yang bangunannya berbahan bambu sudah nyaris rata dengan tanah.

(mdk/hhw)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS