Rabu, 6 Februari 2013 21:03:00
ilustrasi korupsi. ©2012 Merdeka.com



Tersangka korupsi di Pemkab Sumedang jadi empat orang


Reporter : Mustiana Lestari



Merdeka.com - Tersangka tindak pidana korupsi Pemerintah Kabupaten Sumedang terus bertambah. Setelah Sekda Atje Arifin (AA), kini dua lainnya menyusul ditetapkan sebagai tersangka.

"Telah ditetapkan tersangka adalah AA dan ada tiga tersangka lainnya, proses penyidikan dari proses pengadaan tanah," kata Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli di kantornya, Jakarta, Rabu (6/2).

Sampai saat ini, berkas ketiga tersebut masih belum lengkap dan berstatus P-19. Kini berkas tersebut ada di tangan Jaksa Penuntut Umum.

"Untuk berkas perkara ini sudah dikirim ke JPU masih berstatus P-19 masih melengkapi, sudah dikirim berkas perkara ada tiga tersangka lain," tutu Boy.

Sebelumnya, Sekda Sumedang Atje Arifin atau Ace diduga tersangkut kasus korupsi pembebasan lahan rumah potong hewan, pasar hewan terpadu senilai Rp 400 juta.

"Yang bersangkutan diduga melakukan Tipikor terkait pengadaan lahan tersebut. Kerugiannya Rp 400 juta rupiah. Hari ini dikabarkan sudah hadir, dan proses pemeriksaannya masih berlangsung," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di kantornya, Jakarta, Rabu (21/11/2012).

Penyidikan kasus pembebasan lahan itu telah berlangsung sejak tahun 2010 lalu. Sedangkan Atje ditetapkan sebagai tersangka sejak bulan lalu.

"Penetapan tersangka sebulan lalu, kasusnya tahun lalu. Peran Pak Sekda inilah dinilai dampak dari adanya kerugian negara, mark up harga tanah," kata Boy.

Sebelumnya, bersamaan dengan ini Atje Arifin dikabarkan mundur dari posisinya sebagai Sekda lantaran mencalonkan diri sebagai Bupati Sumedang dari Partai Demokrat pada November. Namun pencalonan gagal dan tersandung kasus korupsi.

(mdk/ren)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 


TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM