Selasa, 10 April 2012 13:46:16
Rudal Korea Utara. merdeka.com/dok



TNI biarkan roket Korea Utara lintasi Indonesia


Reporter : Ramadhian Fadillah



Merdeka.com - Korea Utara akan meluncurkan roket Unha-3 antara tanggal 12-16 April. Kemungkinan roket ini akan melintas di Asia Tenggara dan wilayah Indonesia. Namun TNI santai saja menghadapi isu ini.

"Itu tidak ada masalah. Tidak ada dampaknya untuk kita," ujar Kapuspen TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepada merdeka.com, Selasa (10/4).

Iskandar menjelaskan roket itu bukan senjata nuklir dan juga bukan latihan militer. Menurutnya hal ini tidak perlu dibesar-besarkan.

"Tidak perlu panik. TNI AU juga tidak mengubah jadwal patroli maupun jadwal penerbangan. Semuanya normal-normal saja," terang jenderal bintang dua ini.

Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus menyampaikan hal serupa. Menurut perkiraan, roket tersebut tidak akan melintas di wilayah Indonesia. Tetapi hanya wilayah sebelah Utara Filipina.

"Jauh kok dari kita. Tidak perlu kita awasi. Kita biarkan saja," terang Azman.

Roket Unha-3 ini diluncurkan untuk membawa satelit milik Korea Utara. Pyongyang meluncurkan roket ini untuk merayakan 100 tahun kelahiran Kim Il Sung. Walau Korut mengaku roket ini untuk keperluan sipil, tetapi sejumlah pihak menduga Korut sebenarnya sedang melakukan uji coba penembakkan rudal jarak jauh.

Sejumlah maskapai penerbangan pun sudah mengubah jadwal penerbangan akibat peluncuran roket Korut. Indonesia juga sudah mengirim nota diplomatik pada Korut.

(mdk/ian)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM