Sabtu, 9 Februari 2013 10:49:38
Anas Urbaningrum. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko



'Anas jadi zombie di Partai Demokrat'


Reporter : Iqbal Fadil



Merdeka.com - Delapan solusi penyelesaian masalah di Partai Demokrat telah dikeluarkan oleh Ketua Majelis Tinggi SBY . Salah satu poin tegasnya adalah, seluruh roda organisasi partai diambil alih oleh Majelis Tinggi. Anas Urbaningrum , sang ketua umum dinilai akan menjadi 'zombie' karena seluruh kewenangannya dikebiri.

"Terlepas dari debat AD/ART partai, jika diikuti pernyataan SBY maka Anas secara jabatan tetap jadi Ketua Umum Partai Demokrat dan Wakil Ketua Majelis Tinggi. Anas tidak dilengserkan oleh SBY tetapi seluruh kewenangan Anas sebagai ketua umum telah dicabut oleh SBY ," kata mantan aktivis Adian Napitupulu kepada merdeka.com, Sabtu (9/2).

Namun, dalam pandangan Adian, pidato SBY itu telah menempatkan Anas seperti zombie alias mayat hidup di Partai Demokrat.

"Pidato SBY serupa mantera yang mengubah Anas menjadi zombie di partai. Hidup tapi tidak mampu berbuat apapun, ketua umum tapi tidak punya kewenangan apapun," imbuh Adian.

Mantan aktivis Forum Kota (Forkot) saat era reformasi 1998 itu membandingkan Anas dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat digusur oleh rezim Orde Baru. "Sepertinya walau Anas laki-laki tapi dia tidak punya nyali dan keyakinan sebesar Megawati," cetus Adian.

Dia pun yakin, Anas akan lebih memilih diam dan pasrah sambil ngintip-ngintip kapan punya waktu membalas penistaan yang dialaminya.

"Kalau tidak punyai nyali sebesar megawati tapi Jika Anas punya sedikit saja keberanian maka dia bisa menggertak SBY dengan bernyanyi terkait manipulasi suara pemilu karena sebagai ketua KPU 2004 maka Anas tentu banyak tahu semua kejanggalan kemenangan 'ajaib' SBY dan Partainya yang baru berdiri seumur jagung," kata Adian.

Apakah Anas berani bernyanyi atau memilih menjadi Zombie? Adian menilai hal itu dipengaruhi oleh dukungan loyalis-loyalis Anas di struktur DPC hingga DPD.

Ujian loyalitas DPD pro Anas akan di nilai hari minggu besok karena rencananya SBY akan kumpulkan 33 DPD konon untuk memastikan tidak ada pembangkangan ada pidatonya. "Apakah ada DPD yang membangkang atau hanya manggut-manggut sambil menggerutu dalam hati?" tanya Adian.

(mdk/bal)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 


TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM