Senin, 25 November 2013 10:28:00
Ilustrasi buah dan sayur. ©Shutterstock/Serg64



7 Buah dan sayur pembangkit kekebalan tubuh


Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum



Merdeka.com - Musin hujan telah datang. Itu tandanya gangguan kesehatan ringan mulai menghantui Anda. Pilek, sakit kepala, demam, hingga sakit perut adalah masalah kesehatan yang banyak ditemui di musim hujan seperti saat ini.

Oleh karena itu sebelum Anda terkena penyakit ringan yang dapat mengganggu aktivitas Anda tersebut, tingkatkanlah kualitas kesehatan Anda. Selain istirahat cukup serta rajin berolahraga, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut adalah buah dan sayur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda seperti dilansir dari care2.com.

Ubi
Ubi adalah salah satu buah-buahan yang mengandung beta karoten. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A adalah salah satu nutrisi terpenting untuk melawan penyakit.

Buah beri-berian
Buah beri-berian kaya akan vitamin E dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamur
Jamur adalah salah satu sayuran yang familiar dikonsumsi oleh para vegetarian. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jamur baik untuk melawan penyakit karena mampu meningkatkan produksi sel darah putih.

Wortel
Sama seperti ubi, wortel juga mengandung beta karoten yang baik untuk menangkal serangan pilek dan flu.

Bawang putih
Bawang putih telah lama dikenal baik untuk menangkal penyakit. Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih baik untuk menangkal beberapa gejala flu.

Kiwi
Buah kiwi merupakan sumber alami vitamin E, nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin E juga baik untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Bayam
Bayam selain sarat akan vitamin E juga sarat akan beta karoten, asam folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu bayam juga mengandung mineral seperti tembaga dan zat besi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sayur dan buah telah lama dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi masih menolak untuk mengonsumsi sayur dan buah?

(mdk/feb)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM