Sabtu, 23 Maret 2013 08:13:00
Ilustrasi mata. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Maria Ignatenko



7 Fakta menakjubkan tentang panca indera


Reporter : Destriyana



Merdeka.com - Panca indera memberi kita nyawa dalam merasakan kehidupan. Tanpa itu, Anda mungkin tidak bisa menikmati pemandangan alam yang indah, bau harum yang semerbak, mengecap rasa makanan, mendengar melodi indah, dan merasakan sentuhan dari seseorang yang Anda cintai. Panca indera juga memberi manusia kemampuan untuk mengenali lingkungan mereka dengan cara yang berbeda-beda. Berikut adalah 7 fakta menarik seputar panca indera, seperti dilansir nursingschools.net.

1. Mata mampu memproses 36.000 potongan informasi per jam

Mata dapat mentrasfer data ke otak untuk diproses sehingga, Anda dapat mengontekstualisasikan dan mengevaluasi langsung informasi yang Anda lihat.

2. Mata akan memproses 24 juta gambar dalam hidup manusia

Secara keseluruhan, mata berkontribusi terhadap 85 persen dari pengetahuan Anda. Sederhananya, kedua mata kita bertanggung jawab untuk menyiapkan bagaimana kita bereaksi terhadap lingkungan di mana kita hidup.

3. Hidung dapat mencium sekitar 10.000 bau

Meskipun indra penciuman kita lebih rendah daripada indera penciuman yang dimiliki oleh binatang, manusia masih mampu mendeteksi banyak bau dengan menggunakan reseptor penciuman. Reseptor masing-masing dikodekan dengan gen yang unik, jika Anda kekurangan gen, maka Anda tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi bau.

4. Wanita memiliki kemampuan penciuman yang lebih baik dibandingkan laki-laki

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika satu dekade lalu menunjukkan bahwa wanita usia reproduksi mampu mendeteksi berbagai aroma pada tingkat yang lebih tinggi daripada laki-laki, dan itu mungkin karena pengaruh hormon seks wanita. Ketika pria dan wanita mencapai usia paruh baya atau lebih tua, indra penciuman mereka akan selevel atau kira-kira sama.

5. Manusia tidak bisa merasakan sesuatu yang tidak dapat dilarutkan air liur

Ludah melarutkan bahan kimia dalam makanan yang memungkinkan reseptor untuk mendeteksi rasa. Tanpa itu, jelas, makanan akan terasa hambar. Untuk membuktikannya sendiri, kering lidah Anda dengan handuk atau tisu dan kemudian cicipi makanan kering yang mengandung gula dan garam. Anda akan sulit menjabarkan rasa dari makanan itu dan terkadang rasanya akan hambar sekali.

6. Punggung adalah bagian paling sensitif dari tubuh

Tidak seperti bagian sensitif di tubuh Anda, punggung berisi bagian yang sangat kecil dari korteks somatosensori. Dengan demikian, sentuhan pelan sekalipun akan terasa di punggung Anda.

7. Wanita memiliki indera perasa yang lebih baik dibandingkan pria

Sebuah studi yang dilakukan oleh Danish Science Communication dan ilmuwan makanan dari Fakultas Biologi (LIFE) di Universitas Kopenhagen menyebutkan bahwa anak laki-laki membutuhkan 10 persen lebih rasa asam dan sekitar 20 persen lebih rasa manis untuk mengenali rasa.

Inilah tujuh fakta menarik tentang kemampuan panca indera manusia. Semua itu tidak terlepas dari campur tangan Tuhan yang telah memberi banyak keajaiban pada tubuh manusia.

(mdk/des)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM