Kamis, 4 Oktober 2012 18:34:00
Ilustrasi duduk. ©shutterstock.com/William Perugini





Banyak duduk tingkatkan risiko penyakit ginjal kronis

Reporter : Kun Sila Ananda


Merdeka.com - Semua pasti sudah tahu bahwa terlalu banyak duduk mampu menyebabkan banyak penyakit, mulai dari obesitas, diabetes, hingga kematian dini. Kini sebuah penelitian menambahkan satu lagi penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak duduk, yaitu penyakit ginjal kronis.

"Penelitian ini tak hanya membuktikan bahwa gaya hidup tak sehat bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis, tetapi juga bukti tambahan bahwa terlalu banyak duduk buruk untuk kesehatan," jelas peneliti Dr Thomas Yates dari University of Leicester, seperti dilansir oleh Huffington Post (03/10).

Penyakit ginjal kronis adalah kondisi ginjal yang sudah tak mampu menyaring darah. Ini menyebabkan penumpukan makanan sisa dan menyebabkan gagal ginjal.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Kidney Disease ini mengamati 5.650 orang berusia 40 - 75 tahun yang diminta memberitahu jumlah waktu duduk dan olahraga mereka setiap hari.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang mengurangi waktu duduk mereka memiliki risiko penyakit ginjal kronis yang lebih rendah. Risiko turun 30 persen ketika mereka mengurangi tiga jam waktu duduk setiap hari. Sementara pria hanya mampu mengurangi risiko hingga 15 persen dengan pengurangan waktu yang sama.

(mdk/kun)


SHARE & FOLLOW






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS