Kamis, 27 September 2012 17:03:00
Ilustrasi menopause. ©2012 Shutterstock/Monkey Business Images



Cara alami menunda menopause


Reporter : Rizqi Adnamazida



Merdeka.com - Menopause merupakan fenomena normal yang dialami para wanita. Namun beberapa dari mereka mengalaminya lebih cepat karena dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Agar Anda tersebut tidak terjadi pada Anda, simak cara alami menunda menopause seperti yang dilansir dari Boldsky (25/09) berikut ini.

Rajin berolahraga
Menopause biasanya diakibatkan oleh ovulasi yang tidak berjalan normal. Sementara masalah ovulasi terjadi karena tubuh kurang sehat. Meskipun usia bertambah, Anda para wanita sebaiknya rajin berolahraga agar tetap bugar menjelang lansia. Dengan demikian kondisi menopause pun bisa ditunda.

Berhenti merokok
Perokok biasanya lebih rentan mengalami menopause dini. Sebab merokok menghambat peredaran darah dalam tubuh. Sirkulasi yang bermasalah pun mempengaruhi masa menstruasi, sehingga menyebabkan wanita lebih cepat menopause.

Antioksidan
Jangan malas mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Misalnya buah berry, minyak zaitun, brokoli, dan paprika. Antioksidan tersebut bersifat mengusir racun dari dalam tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.

Makanan
Sebelum mengalami menopause, hormon estrogen dalam tubuh wanita menurun drastis. Untuk mengatasinya, makan makanan yang kaya akan phytoestrogen, contohnya gandum dan kedelai. Makanan tersebut setidaknya bisa menjaga produksi hormon estrogen agar tetap stabil dan menunda menopause.

Bagian terbaik menunda menopause adalah Anda tetap produktif dan berusaha memiliki keturunan. Jadi jika Anda mau menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda pun secara tidak langsung bisa menunda menopause.

(mdk/riz)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM