Sabtu, 8 Desember 2012 14:07:00
Ilustrasi cengkeh. ©shutterstock.com/Andrii Gorulko





Hangatkan tubuh dengan 5 rempah pilihan

Reporter : Kun Sila Ananda


Merdeka.com - Musim hujan sudah datang, udara pun tak jarang menjadi sangat dingin. UNtuk menghangat badan, tak cukup dengan kaus kaki atau selembar selimut. Beberapa rempah-rempah ini bisa membantu Anda menghadapi udara dingin dan menghangat badan, seperti dilansir oleh Times of India (07/12).

1. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai antibiotik alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit mengandung zat anti peradangan. Anda bisa menggunakan kunyit dalam masakan atau menyeduh kunyit sebagai minuman hangat.

2. Kayu manis
Kayu manis sebagai rempah-rempah tertua diketahui mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih hangat. Rempah-rempah ini cocok bagi Anda yang berada di kota atau negara beriklim dingin karena kayu manis juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Coba seduh sejumput bubuk kayu manis dan satu sendok teh madu pada air hangat di pagi hari untuk menghangatkan tubuh. Minuman tersebut juga bisa dicampur dengan jahe untuk menangkal masuk angin.

3. Kapulaga
Menambahkan kapulaga dan cengkeh pada teh bisa mencegah batuk dan rasa dingin. Caranya, rebus dua sampai tiga kapulaga, kemudian seduh dengan secangkir air. Tambahkan satu sendok teh madu dan minum sebelum tidur. Minuman ini ditengarai mampu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Aroma kapulaga juga bisa menghindarkan Anda dari depresi.

4. Cengkeh
Masyarakat India kuno menggunakan cengkeh untuk masalah pernapasan. Tambahkan dua sampai tiga ruas cengkeh pada sup, teh, atau kari untuk mencegah batuk. Mengunyah cengkeh juga diketahui mampu mengurangi iritasi di tenggorokan dan batuk.

5. Jahe
Jahe sering digunakan sebagai minuman atau dicampur dalam makanan. Membuat sup ditambah jahe adalah makanan yang sempurna untuk melawan udara dingin. Minum jahe hangat juga bisa mencegah infeksi tenggorokan.

Masih merasa kedinginan? Ayo cepat gunakan rempah-rempah di atas untuk hangatkan tubuh Anda!

(mdk/kun)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS