Jumat, 5 Juli 2013 13:31:00
Ilustrasi anak makan sayur. ©2012 Merdeka.com



Ingin anak rajin makan sayur? Lakukan cara ini!


Reporter : Kun Sila Ananda



Merdeka.com - Anak tak suka makan sayur sudah bukan hal asing lagi bagi para ibu. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat anak menyukai sayur, namun sebuah penelitian mengungkap cara terbaik agar anak rajin makan sayuran tanpa dipaksa.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengajarkan anak mengenai pentingnya nutrisi ternyata bisa membuat mereka menyukai sayuran dan mau memakannya. Orang tua hanya harus mengajarkan dan membuat anak mereka mengerti pentingnya memakan sayuran, serta menjelaskan nutrisi yang didapatkan dari berbagai macam sayur yang diberikan pada anak.

"Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang alami. Mereka ingin mengerti bagaimana segala hal bekerja, dan alasan mengapa mereka harus melakukan atau makan sesuatu. Orang tua harus menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan pada mereka nutrisi yang ada dalam sayuran dan menanamkan pola pikir yang baik mengenai pentingnya makan sayur," ungkap peneliti, seperti dilansir oleh NY Daily News (03/07).

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 160 anak berusia empat sampai lima tahun. Peneliti Sarah Gripshover dan Ellen Markman membuat buku cerita yang berisi mengenai nutrisi dalam sayuran. Anak-anak kemudian diminta untuk membaca buku cerita tersebut dan menanyakan jika ada hal yang tak mereka mengerti.

Hasilnya, penelitian menunjukkan bahwa anak yang membawa buku nutrisi tentang sayur lebih mengerti mengenai nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam makanan mereka. Mereka juga lebih mengerti akibat jika mereka tak cukup makan makanan yang bergizi, serta memahami proses pencernaan.

Selain itu, anak-anak yang membaca buku mengenai nutrisi makanan juga lebih suka makan sayur tanpa disuruh. Angka kenaikan jumlah sayuran yang dimakan anak bahkan meningkat hingga dua kali lipat dalam waktu tiga bulan.

(mdk/kun)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 


TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM