Jumat, 26 Juli 2013 19:17:00
Ilustrasi kondom. ©shutterstock.com/Theos



Pakai kondom bisa menyehatkan Miss V wanita?


Reporter : Rizqi Adnamazida



Merdeka.com - Selain mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual, kondom ternyata memiliki manfaat lain. Menurut peneliti dari China, kondom diduga bisa membantu pertumbuhan bakteri baik pada Miss V wanita.

Para wanita yang aktif bercinta dan menggunakan kondom pun terbukti memiliki koloni mikroba sehat pada bagian intim mereka dibandingkan dengan wanita lain yang hanya memanfaatkan pil KB untuk mencegah kehamilan.

Peneliti tepatnya fokus pada lactobacillus, kelompok bakteri yang mendominasi Miss V sebagian besar wanita. Mikroba tersebut memproduksi asam laktat dan hidrogen peroksida untuk membantu Miss V menjaga keasaman pada pH 4,5. Dengan menjaga keasaman agar tetap stabil, Miss V pun mampu menangkal serangan bakteri jahat yang menimbulkan infeksi.

Sebagaimana dilansir dari Live Science, peneliti dari Beijing Friendship Hospital melibatkan 164 wanita sehat berusia 18-45 tahun yang sudah menikah. Mereka semua pun dilaporkan tidak mengonsumsi pil KB sama sekali.

Sebanyak 72 responden mengaku mengenakan kondom, 57 lainnya memakai spiral, dan 35 wanita berikutnya memanfaatkan metode kalender. Dari situ, peneliti menemukan bakteri baik paling banyak ditemukan pada wanita yang pakai kondom.

Aktivitas seksual sendiri bisa mengganggu ekosistem Miss V, terutama jika sperma (yang punya keasaman dengan pH 7 sampai 8) memasuki liang kemaluan wanita.

Oleh sebab itu, pemakaian kondom - baik pria maupun wanita - dianjurkan demi menjaga keasaman Miss V wanita dan menyehatkan daerah di sekitar bagian intim.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal PLOS One.

Baca juga:
6 Alasan masuk akal untuk menolak seks
6 Hal yang diharapkan pria saat malam pertama
5 Alasan yang dikatakan pria agar tak pakai kondom
4 Tips agar lebih percaya diri di atas ranjang
6 Hal yang diabaikan pria saat bercinta

(mdk/riz)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM