Rabu, 17 Juli 2013 04:02:00
Neptunus. ©2013 NASA.gov



Bulan terkecil Neptunus ditemukan


Reporter : Alvin Nouval



Merdeka.com - Satu lagi satelit alam yang berhasil ditemukan oleh para ahli. Kali ini, satelit tersebut mengorbit ke planet ke delapan di sistem tata surya kita, Neptunus.

Seperti yang dilansir oleh BBC (15/7), bulan ini baru saja ditemukan lewat sebuah pencitraan yang ditangkap oleh teleskop luar angkasa, Hubble. Hal ini pun kemudian diperiksa dan dikonfirmasi kebenarannya oleh NASA.

Sejurus kemudian, bulan ini dinamakan S/2004 N 1. Ini merupakan bulan ke 14 yang berhasil ditemukan mengelilingi planet super besar tersebut.

Adapun bulan yang ditemukan ini bisa jadi yang paling kecil di antara bulan lainnya yang mengelilingi Neptunus. Hal ini dikarenakan kelilingnya yang kira-kira hanya 20 km dan mampu mengelilingi orbitnya setiap 23 jam.

Karena ukurannya yang sangat kecil bulan ini sendiri memang susah untuk dilihat dengan kasat mata. Apalagi, diketahui bahwa bulan ini juga lebih redup dari bintang paling kecil yang pernah terlihat oleh mata sekalipun.

Untuk menemukan bulan ini sendiri juga dibutuhkan cara yang tak mudah. Tercatat, para peneliti membutuhkan 150 foto yang diambil oleh Hubble mulai dari tahun 2004 hingga 2009.

(mdk/nvl)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM