Rabu, 28 Agustus 2013 11:26:23
502 Bad Gateway. ©2013 Merdeka.com



Cara mengatasi 'Error 502 Bad Gateway'


Reporter : Yoga Tri Priyanto



Merdeka.com - Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami masalah 'Error 502 Bad Gateway' saat melakukan browsing di Internet. Bahkan, hari ini (28/08), beberapa kali Google menampilkan pesan 502 Bad Gateway atau 502 Error untuk beberapa pengguna saja. Lantas, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan 'Error 502 Bad Gateway' dan bagaimana cara mengatasinya?

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, sebenarnya 'Error 502 Bad Gateway' adalah sebah kesalahan pada server yang terjadi pada beberapa situs saja dan sangat tidak umum.

Lantas apakah penyebabnya? Dari berbagai sumber yang didapat, penyebab utama dari 'Error 502 Bad Gateway' adalah request yang masuk tidak bisa dihandle oleh server sehingga terjadi time out.

Jika pada apache, error ini bisa disamakan dengan '500 Internal Server Error yang bisa dikatakan memiliki masalah yang sama, walaupun terkadang bisa juga error tersebut disebabkan oleh kesalahan setting pada .htaccess dan lain sebagainya.

Bagi pengguna biasa, masalah ini sering diabaikan karena tidak akan berpengaruh pada browser atau perangkat komputer Anda. Akan tetapi, bagi para webmaster, kesalahan 'Error 502 Bad Gateway' ini bila tidak diatasi akan berakibat pada masalah yang berbuntut panjang, terutama pada hubungannya dengan traffic dan resource server.

Penanganan 'Error 502 Bad Gateway' ini dirasa tidaklah mudah bagi para webmaster, sebab harus dilakukan dengan memeriksa dan meneliti kembali setingan server serta menganalisis resource mana yang mengakibatkan terjadinya error.

Namun untuk sebagian orang, ada pula yang menunggu hingga beberapa saat dan kemudian 'Error 502 Bad Gateway' hilang. Web atau blog kembali bisa dijalankan dengan normal.

(mdk/ega)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 





KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM