Jumat, 20 September 2013 15:42:00
Ilustrasi Facebook Indonesia © 2013 Merdeka.com



Data terkini pengguna Facebook di Indonesia


Reporter : Dwi Andi Susanto



Merdeka.com - Siapa yang hari ini tidak mengenal Facebook? Pasti banyak pengguna internet di seluruh dunia dan Indonesia pada khususnya mengenal situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini.

Beserta dengan press release yang dikirimkan ke merdeka.com (20/09), Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi efektif serta inovatif, memberikan data terkini pengguna Facebook di Indonesia.

Dalam kolom statistik pengguna jejaring sosial satu ini, tentunya tidak mengherankan apabila Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbesar dunia, menurut data yang pernah dirilis oleh Internet World Stats di akhir tahun 2012 lalu.

Masih menurut data dari Webershandwick, untuk wilayah Indonesia saja, ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif, 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya.

Melihat dari analisis lain yang ditampilkan oleh situs SocialBakers, pengguna Facebook di Indonesia didominasi oleh mereka-mereka yang berumur antara 18-24 tahun di posisi pertama dan 25-34 tahun di urutan kedua. Sedangkan dari jenis kelaminnya, pengguna Facebook di Indonesia didominasi oleh pria dengan persentase sebesar 59 persen, sisanya adalah wanita.

Data pengguna berusia muda tersebut juga hampir sama seperti data hasil survei yang pernah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2012 lalu. Dalam hasil survei tersebut terungkap bahwa pengguna internet di Indonesia didominasi oleh pengguna berusia dengan rentang usia antara 12-34 tahun.

Nah, apabila coba digabungkan dari semua analisis tersebut sekaligus popularitas Facebook di Tanah Air, maka tidak heran kenapa jejaring sosial satu itu masih memiliki daya tarik besar, khususnya bagi para remaja dan dewasa.

Ditambah lagi dengan penetrasi internet Indonesia yang tinggi, maraknya pengaksesan internet melalui perangkat mobile serta sudah banyaknya masyarakat Indonesia yang melek internet, maka ada kemungkinan pengguna Facebook Tanah Air dapat menduduki peringkat di atasnya lagi.

Sumber: Webershandwick.com, Internetworldstats.com, Socialbakers.com, APJII

(mdk/das)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 





KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM