Senin, 4 Maret 2013 13:42:00
Google Doodle. ©2013 Merdeka.com





Google Doodle sambut hari jadi aktivis asal Afrika Selatan

Reporter : Alvin Nouval


Merdeka.com - Ada yang unik jika Anda membuka halaman mesin pencari Google saat ini. Google Doodle, atau logo Google yang berada di atas bar pencarian saat ini lebih dekoratif dengan dominasi warna coklat.

Dalam Google Doodle hari ini, warna coklat muda hingga tua memang dominan. Dengan berbagai ornamen Afrika yang membentuk huruf Google, juga terlihat seorang perempuan Afrika dengan pakaian khasnya sambil memegang mikrofon seolah bernyanyi.

Sebenarnya siapakah dia? Ternyata momen yang sedang dirayakan oleh Google pada kesempatan ini adalah hari jadi dari Miriam Makeba, seorang penyanyi terkenal asal Afrika Selatan.

Miriam Makeba yang lahir pada hari ini tahun 1932 merupakan sosok penting bagi Afrika. Selain berprofesi sebagai ahli tarik suara, Makeba ternyata seorang pejuang hak asasi manusia di negaranya.

Makeba yang dipanggil juga dengan Mama Afrika memang terkenal sebagai seorang aktivis penentang praktik politik apartheid di negaranya. Bahkan, akibat upayanya ini, Makeba sering dibuang dan dipersulit kehidupannya oleh penguasa Afrika Selatan pada masa tersebut.

Alih-alih meratapi nasibnya di pengasingan, Makeba menggunakan momen tersebut untuk berkarya dalam hal menyanyi. Hal inilah yang membuat namanya semakin terkenal di mata dunia.

Bahkan, atas upayanya di dunia ini, Mama Afrika juga sempat mendapatkan sebuah penghargaan Grammy Award, penghargaan tertinggi bagi insan musik dunia.

(mdk/nvl)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS