Rabu, 31 Juli 2013 18:24:00
LCD Proyektor. ©2013 Everythingsimple.com



Peran teknologi sebagai media pembelajaran


Reporter : Dwi Zain Musofa



Merdeka.com - Teknologi erat kaitannya dengan perkembangan proses pembelajaran dalam dunia pendidikan.

Sebagai contoh teknologi yang tidak bisa lepas sebagai media pembelajaran saat ini adalah LCD Proyektor.

LCD proyektor yang ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar.

Proyektor LCD biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi di dunia perkuliahan ataupun dalam kegiatan pembelajaran di sekolah terbukti sukses mempermudah kegiatan belajar dan mengajar di sebuah instansi pendidikan.

Sebelum LCD proyektor ini ditemukan, teknologi yang lain juga telah berperan sebagai media ajar dalam bentuk Overhead Projector (OHP).

OHP merupakan alat proyektor yang mulai digunakan secara luas termasuk dalam dunia pendidikan mulai tahun 1950an. OHP ini berfungsi dengan memantulkan materi yang ada di atasnya ke benda dengan permukaan datar.

Data input untuk OHP ini adalah berupa kertas bening yang mana diatasnya ditulis data atau informasi sesuai yang diinginkan penggunanya dengan alat tulis berwarna seperti spidol.

Dengan datangnya kedua teknologi tersebut, setidaknya sudah jauh mempermudah proses belajar mengajar di instansi pendidikan yang ada saat ini.

Tentu bisa dibayangkan betapa repotnya siswa, mahasiswa, atau guru serta dosen dalam mempersiapkan sebuah materi presentasi jika tidak ada teknologi di atas dalam dunia pendidikan saat ini.

(Dari berbagai sumber)

(mdk/dzm)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM