Jumat, 11 Oktober 2013 04:35:00
Pekerja Foxconn. ©2013 Mashable.com



Sistem 'kerja rodi' di balik produksi masal PS4


Reporter : Dwi Zain Musofa



Merdeka.com - Sebuah laporan terbaru menyebutkan jika Foxconn yang menjadi mitra Sony dalam produksi masal konsol game PS4 diduga menggunakan mahasiswa magang sebagai tenaga kerja murah mereka.

Dilansir Mashable (10/10), menurut berita yang diterbitkan di koran Oriental Daily di Hong Kong mengungkapkan jika mahasiswa dari Xian Institute of Technology di China disebut-sebut dipaksa untuk melakukan magang sebagai pegawai pabrik Foxconn guna merakit konsol game PS4.

Berdasarkan lansiran tersebut, dikabarkan jika para mahasiswa tersebut tidak melakukan program magang ini, maka mereka akan kehilangan 6 sks dalam program studinya yang tentu akan membuat mereka tidak bisa lulus dari Institut tersebut.

Selain itu, dikabarkan jika para mahasiswa magang ini juga dituntut untuk melakukan shift malam dengan jam kerja yang melebihi batas serta diberi upah yang rendah.

Pihak Foxconn sendiri berdalih jika kurangnya tenaga kerja muda di China di untuk memenuhi tingginya permintaan perakitan gadget di perusahaannya lah yang menyebabkan perusahaan tersebut terpaksa merekut mahasiswa dari Xian Institute of Technology untuk dijadikan karyawan magang di pabrik perakitannya.

Mereka juga mengatakan jika pengalaman kerja ini akan berguna bagi fresh-graduate seperti mereka untuk mencari lapangan kerja ke depannya.

(mdk/dzm)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM