Rabu, 10 Oktober 2012 11:15:00
Markas militer Hsincu terlihat dari Apple Maps. ©2012 Merdeka.com



Taiwan protes telah 'ditelanjangi' Apple


Reporter : Ikhwan Arief Prihastian



Merdeka.com - Aplikasi Apple Maps kembali mendapat keluhan mengenai konten di dalamnya. Ironisnya protes kali ini datang karena data Apple Maps terlalu lengkap dan akurat. Protes tersebut datang karena Apple Maps telah 'menelanjangi' kerahasiaan markas militer.

Militer Taiwan menyatakan keberatan pada Apple karena kerahasiaan markasnya terbongkar dengan jelas. Markas militer tersebut menjadi salah satu komponen vital dalam pertahanannya melawan China. Denah markas yang berada di bagian utara Taiwan tersebut nampak dengan jelas ketika dilihat menggunakan aplikasi Apple Maps tersebut.

David Lo, juru bicara militer Taiwan, menyatakan pihaknya memang tak memiliki otoritas untuk menyuruh Apple menghilangkan gambar. Namun pihaknya akan meminta Apple untuk merendahkan resolusi gambar pada lokasi tersebut.

Apple belum memberikan response terkait reaksi militer Taiwan ini. Namun menurut informasi AFP, Apple belum menerima permintaan resmi dari militer Taiwan.

Hsincu Military Base, menurut informasi PCMag (9/10), merupakan nama markas militer yang dimaksud. Pada markas tersebut terdapat sistem radar baru buatan Raytheon yang mampu mendeteksi missile yang datang pada jarak ratusan kilometer. Radar canggih yang dibangun dengan biaya USD 1,23 miliar tersebut diperlukan untuk menangkal ancaman serangan missile China.

(mdk/ikh)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM