Kamis, 21 Februari 2013 11:32:00
kimia. shutterstock





WHO: benda di sekitar kita mengandung kimia berbahaya

Reporter : Alvin Nouval


Merdeka.com - Sebuah laporan yang ditulis oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan bahwa manusia terancam oleh keberadaan perlengkapan sehari-hari yang mengandung kimia sintetis berbahaya.

Seperti yang dilansir oleh The Telegraph (19/2), laporan ini menunjukkan berbagai peralatan mulai dari mainan plastik, lantai PVC, dan kartu ATM seharusnya tidak diproduksi lagi. Hal ini dikarenakan bahan pembuatnya yang dikategorikan bisa mengancam kesehatan manusia.

Dalam laporan ini ditunjukkan bahwa berbagai peralatan rumah tangga yang mengandung EDC (Endocrine Disrupting Chemicals) banyak ditemukan dan berpotensi menimbulkan hal buruk. Ada sebuah hubungan di mana ekspos berlebihan terhadap EDC ini akan mengakibatkan masalah seperti kanker testis, payudara, prostat dan tiroid. Selain itu, bisa juga menyebabkan gangguan pertumbuhan mental sehingga anak-anak menjadi hiperaktif.

Badan bentukan PBB ini pertama kali menyadari hal ini setelah melakukan penelitian lebih dari dua tahun dan menemukan berbagai fakta mengejutkan. Fakta tersebut adalah adanya ancaman dari sebuah substansi yang dinamakan phthalates, biasa ditemukan di pestisida bisphenol A dan panel PCB, yang mampu mengganggu fertilitas perempuan dan mengakibatkan leukemia pada anak-anak.

Padahal, bahan-bahan seperti bisphenol A ini banyak ditemukan dan sering dibutuhkan manusia. Benda tersebut antara lain kaleng dan kaca mata.

Penelitian dari WHO ini sendiri juga didukung oleh hasil penelitian lainnya. EEA, Agensi Lingkungan Hidup Eropa, mengatakan bahwa kosmetik dan obat-obatan yang mengandung EDC juga bisa berbahaya untuk kita.

(mdk/nvl)


SHARE & FOLLOW






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS