Jumat, 22 Maret 2013 16:01:00
Bank Mandiri. Merdeka.com/Dwi Narwoko



Bank Mandiri blokir ATM-Debit yang digunakan di Body Shop


Reporter : Sri Wiyanti



Merdeka.com - Bank Mandiri Tbk mengaku telah memblokir setidaknya puluhan kartu ATM-Debit yang pernah digunakan nasabah untuk bertransaksi di Body Shop Indonesia.

Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengakui ada nasabahnya yang telah menjadi korban dari aksi penggandaan kartu ATM-Debit yang terjadi di gerai toko peralatan kecantikan Body Shop Indonesia.

Dia menuturkan, oleh hacker, data kartu ATM-Debit milik nasabah digandakan kemudian data tersebut ditanam di kartu ATM-Debit kosong sebagai duplikatnya yang kemudian digunakan untuk bertransaksi di Amerika Serikat dan Meksiko.

"Jadi mereka mengkopi data nasabah kita ketika bertransaksi, kartu di swipe di mesin EDC (electronic data capture), datanya langsung ke copy otomatis, langsung di copy dan digandakan," jelas Budi kepada wartawan, Jumat (22/3).

Budi menyebutkan, setidaknya ada lebih dari 100 kartu ATM-Debit yang telah menjadi korban penggandaan. Kerugiannya ditaksir hampir mencapai Rp 200 juta.

"Kartu yang kita blokir sedikit, jumlahnya 100 ke bawah, nilai transaksinya pun di bawah Rp 200 juta, kita antisipasi," jelas Budi.

Bank Mandiri secara otomatis akan memblokir kartu yang pernah digunakan di gerai Body Shop Indonesia kemudian terlacak digunakan di Mexico. "Kita memblokir transaksi misal (pernah digunakan) di Body Shop, terus ada transaksi di Mexico atau Amerika itu otomatis langsung di blokir. Kalau Jakarta, tidak," ungkap Budi.

Namun, Budi tidak dapat menjelaskan prosesnya lebih lanjut dengan alasan untuk kepentingan keamanan nasabah dan langkah antisipasi bagi kejahatan di kemudian hari.

Sebelumnya, Indikasi kejahatan perbankan kembali muncul. Kali ini yang menjadi sasaran adalah pengguna kartu debit atau kredit yang digunakan untuk transaksi pembelian di gerai toko peralatan kecantikan The Body Shop.

Hal ini dialami oleh Nana (30) yang tiba-tiba mengalami pemblokiran kartu ATM Bank Mandiri. "Saya kemarin mau narik uang dari ATM. Tapi ditolak oleh mesin karena kartu tidak bisa digunakan. Paginya saya ditelepon oleh customer service Bank Mandiri yang menyatakan bahwa kartu saya diblokir sebagai tindakan pencegahan karena ada indikasi penggandaan," ujar Nana.

Hal tersebut dibenarkan oleh pihak The Body Shop. PR & Social Media Manager The Body Shop Indonesia Ratu Maulia Ommaya mengatakan laporan tersebut muncul sejak beberapa minggu terakhir.

"Kami telah menerima laporan pertama kali beberapa minggu yang lalu. Memang kejadiannya baru bulan Maret ini," ujar dia kepada merdeka.com, Kamis (21/3).

Ratu mengaku saat ini pihak The Body Shop Indonesia sedang melakukan penyelidikan melalui koordinasi dengan pihak bank.

(mdk/noe)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM