Jumat, 4 Januari 2013 10:15:56



Banyak mobil asal Indonesia dijual ke Afsel, Chile dan Kolombia


Reporter : Ardyan Mohamad



Merdeka.com - Meski kurang menggembirakan dan gagal mengulangi capaian kinerja tahun 2011, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengaku gembira karena Indonesia perlahan sukses melakukan pergeseran atau substitusi produk ekspor.

Ekspor produk nonmigas bernilai tambah mulai meningkat kualitas dan kuantitasnya dibanding ekspor migas. Dari catatan Gita, meski mengalami penurunan nilai dan permintaan, ekspor nonmigas tetap surplus sepanjang 2012.

"Tahun 2012 nonmigas tetap masih surplus USD 3,5 miliar," ujarnya saat paparan kinerja perdagangan di kantornya, Jumat (4/1).

Salah satu komoditas nonmigas bernilai tambah paling kinclong kinerjanya adalah produk otomotif. Khususnya mobil merek Jepang yang dirakit Indonesia. Peningkatannya mencapai 53,8 persen, dengan pasar ke Amerika Selatan dan Afrika.

"Kalau kita lihat di Afrika Selatan, Chile, kolombia, banyak mobil Indonesia terjual di sana," ungkapnya.

Selain otomotif, kinerja komoditas nonmigas lain yang cukup kinclong adalah olahan minyak sawit. Komoditi ini meningkat 66,8 persen. Produk olahan kakao juga cukup menggembirakan dengan peningkatan ekspor 54 persen sepanjang tahun lalu. Prestasi yang cukup membanggakan adalah produk ini berhasil menembus pasar yang lesu di Amerika.

Mantan Kepala BKPM ini mengaku senang dengan capaian kinerja ekspor nonmigas. "Kinerja nonmigas ini mendukung tesis kita mengenai substitusi impor. Kita bisa kirim produk bernilai tambah," tegasnya.

(mdk/noe)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 





KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM