Selasa, 3 Juli 2012 13:54:56
Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko





BI sediakan kebutuhan OJK

Reporter : Sri Wiyanti


Merdeka.com - Lembaga otoritas jasa keuangan (OJK) baru bisa maksimal beroperasi dua tahun lagi. Pada masa transisi dua tahun ini, kebutuhan yang diperlukan untuk mendukung wewenang OJK, akan disediakan oleh Bank Indonesia.

Ketua Ikatan Pegawai Bank Indonesia Agus Santoso mengatakan bahwa Bank Indonesia akan melakukan mirroring atau penyiapan struktur OJK.

"Kita akan lakukan mirroring, kalau di sana ada unit pengawasan bank, Bank Indonesia akan buat itu," ujar Agus di Gedung Bank Indonesia, Selasa (3/7).

Dia menjelaskan, alasan BI menyiapkan kebutuhan OJK lantaran nantinya beberapa pegawai bank sentral 'dipinjamkan' ke lembaga baru tersebut, khususnya untuk pengawasan perbankan. Atas dasar itu, struktur pengawasan bank yang nantinya ada di OJK, disiapkan oleh bank sentral di mana di dalamnya ada pegawai BI yang masih akan digaji oleh BI.

Namun, pihaknya belum dapat menyebutkan jumlah pegawai BI yang akan hijrah ke OJK. Agus menambahkan BI akan memberikan opsi kepada pegawainya yang diperbantukan di OJK untuk memilih apakah akan berkarir di OJK atau tetap di Bank Indonesia.

Opsi tersebut baru akan disampaikan setelah OJK tiga tahun beroperasi, sehingga pegawai BI yang diperbantukan di OJK bisa mempertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

"Tanggal 1 Januari 2014, struktur bersama SDM pindah ke OJK. 3 tahun kemudian mereka baru memilih kembali ke BI atau tetap ke OJK karena selama 3 tahun itu adalah masa penugasan (untuk karyawan BI yang diperbantukan di OJK) jadi gajinya masih ditanggung oleh BI," tutup Agus.

(mdk/oer)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS