Kamis, 27 Juni 2013 15:25:00
pelantikan cpns. ©2012 Merdeka.com/imam buhori





BPK masih temukan penyimpangan perjalanan dinas K/L

Reporter : Novita Intan Sari


Merdeka.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengklaim penyimpangan perjalanan dinas sudah mengalami penurunan. Pasalnya, saat ini BPK menjalin kerja sama dengan pihak bandara untuk mengatasi penyimpangan ini.

Hal ini terungkap saat BPK menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas 37 Laporan Keuangan Tahun 2012 kepada 37 kementerian dan lembaga (K/L).

"Itu persoalan yang hampir setiap tahun ditemukan meskipun ada tren menurun sekarang ini tapi masih ada," ujar Wakil Ketua BPK Hasan Bisri saat konferensi pers di Gedung BPK, Jakarta, Kamis (27/6).

Menurutnya, BPK dengan pihak bandara telah mempunyai alat khusus untuk mendeteksi praktik penyimpangan perjalanan dinas ini. "Namanya Electronic Audit. Jadi kita langsung dengan program tersebut secara online dengan maskapai (Garuda) tentang manifestasi penerbangan selama jangka waktu tertentu bisa sehari, setahun," jelas dia.

Sayangnya, dia tidak menjelaskan secara rinci berapa besaran angka penurunan penyimpangan tersebut. "Ini banyak sekali tapi ini ada penurunan, belum sempat kami rekap tapi ada tren penurunan," tegasnya.

Hasan menilai, banyaknya kasus penyimpangan ini di K/L, bermodus sama yakni perjalanan dinas fiktif. "Ini merupakan modus kementerian atau lembaga melalui dengan cara perjalanan dinas yang tidak sesuai dengan kenyataan," ungkap dia.

Dia mengimbau kepada para pejabat pemerintah dan pegawai negeri sipil (PNS) agar tidak melakukan penyimpangan perjalanan dinas karena akan dikenai sanksi. "Jangan sekali-kali melakukan perjalanan aspal (asli tapi palsu) karena pasti bakal ketahuan," tutup dia.

(mdk/bmo)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS