Selasa, 30 April 2013 06:21:00
SPBU. ©2012 Merdeka.com




Empat kenaikan harga BBM paling tinggi sepanjang sejarah


Reporter : Wisnoe Moerti



Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tentu sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Sejak Indonesia merdeka, pemerintah telah beberapa kali menaikkan harga BBM.

Belakangan ini, isu kenaikan harga BBM memang semakin kencang berhembus. Salah satu faktor pendorongnya adalah kondisi fiskal negara yang terus digerogoti makin besarnya alokasi anggaran untuk subsidi BBM. Padahal, pada kenyataannya subsidi BBM sudah diakui tidak tepat sasaran lantaran juga dinikmati oleh masyarakat yang mampu atau orang kaya.

Kritikan akan besarnya alokasi anggaran subsidi BBM terus menghantam pemerintahan kabinet Indonesia Bersatu jilid II di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Beragam usulan pun muncul untuk menyikapi kondisi tersebut. Termasuk opsi kenaikan harga BBM bersubsidi.

Tapi, tentu bukan perkara mudah untuk mengeluarkan kebijakan kenaikan harga BBM. Berbagai faktor menjadi bahan pertimbangan. Termasuk faktor politis, di mana tahun ini cukup rawan mengingat tahun politik menjelang Pemilu 2014. Para politisi yang duduk di kabinet tentu akan sangat berhati-hati, agar citranya tidak anjlok hanya karena bicara soal rencana kenaikan harga BBM.

Tidak itu saja, gelombang protes dan penolakan akan kenaikan harga BBM dipastikan bakal terus terjadi. Dampak ini yang akhirnya dikhawatirkan bakal memicu konflik sosial politik. Belum lagi masalah dampak lain yakni tergerusnya daya beli masyarakat hingga persoalan ketakutan makin tingginya angka kemiskinan.

Selama dua periode kepemimpinan SBY, telah terjadi tiga kali kenaikan harga BBM. Dengan rata-rata kenaikan di atas Rp 2.000 per liter. Tapi SBY tidak sendirian, presiden Indonesia sebelum SBY juga pernah melakukan hal yang sama. Hanya perbedaannya dalam besaran kenaikan harga. Berikut lima catatan kenaikan harga BBM paling tinggi sepanjang sejarah Indonesia.

(mdk/noe) MULAI DENGAN :
Naik Rp 2.100 per liter


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM