Jumat, 22 Maret 2013 14:28:00
Harga Cabe Naik. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko





Hatta: Biasanya musim hujan harga cabe naik

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo


Merdeka.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mensinyalir, tingginya lonjakan harga komoditas cabe saat ini lantaran minimnya pasokan. Terlebih, saat ini telah memasuki musim hujan.

Hatta melihat fenomena ini wajar mengingat musim hujan membuat produksi cabe turun. "Yang jelas pasokannya pasti kurang kalau terjadi kenaikan seperti ini. Musim hujan biasanya memang seperti itu," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (22/3).

Sebagai langkah antisipasi, Hatta telah meminta Menteri Pertanian Suswono untuk segera turun tangan mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan dan menyusahkan masyarakat pada akhirnya.

"Saya sudah minta menteri pertanian untuk mengendalikan itu sesegera mungkin," jelasnya.

Sebelumnya, setelah dilanda lonjakan harga bawang, kini masyarakat dihadapkan pada lonjakan harga cabe. Pantauan merdeka.com di pasar Pondok Labu, harga cabe merah terpantau masih dalam standar harga yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 25.000 per kilogram. Harga tinggi justru dialami pada komoditas cabai rawit yakni mencapai Rp 60.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang asal Padang, Rani (36 tahun) mengatakan tingginya harga cabe merah sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Tingginya harga komoditas ini menekan jumlah pembeli.

"Ini membuat pendapatan saya agak menurun," ujarnya.

(mdk/noe)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS