Jumat, 26 April 2013 16:01:53
STAN-Pajak. ©2013 Merdeka.com





Mahasiswa STAN gelar Festival Pajak

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo


Merdeka.com - Upaya menumbuhkan pemahaman dan pengetahuan mengenai sektor perpajakan nasional terus dilakukan. Termasuk di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang idealnya mengetahui mengenai seluk beluk pendapatan negara.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menanamkan sekaligus menggali pemahaman mengenai sektor perpajakan di kalangan mahasiswa. Pemahaman mengenai pajak tidak melulu dilakukan dalam bentuk seminar, tapi kini lebih kreatif agar pesan yang ingin disampaikan benar-benar sampai. Caranya beragam mulai dari cerdas cermat hingga kreativitas mahasiswa memvisualisasikan pemahaman pajak dalam bentuk gambar atau poster.

Hal itu yang dilakukan mahasiswa STAN dalam gelaran bertajuk Indonesian Tax Festival yang tahun ini dikemas dalam bentuk lomba cerdas cermat perpajakan, National Poster Competition (lomba cipta poster pajak), hingga mini workshop. Ternyata mahasiswa Indonesia cukup antusias untuk adu pengetahuan mengenai pajak. Indikatornya, dari proses pendaftaran dan seleksi yang dilakukan di 7 kota besar yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Makassar terdapat 61 tim dari 35 universitas di seluruh Indonesia.

Putaran final lomba cerdas cermat ini berlangsung di kampus STAN, Bintaro dengan menyisakan 15 tim terbaik. Pada tahap final ini ujian semakin berat di mana tiap tim harus melewati seleksi yang ketat. Tim dari Universitas Kristen Petra 1 didaulat menjadi juara pertamadisusul oleh tim Universitas Indonesia 4 di peringkat kedua dan Universitas Kristen Petra 4 sebagai juara ketiga.

Keingintahuan mahasiswa mengenai seluk beluk dunia perpajakan juga cukup besar. Bisa dilihat dari antusiasnya peserta diskusi ringan atau mini workshop yang membahas mengenai faktur pajak. Acara ini diikuti secara eksklusif oleh seluruh peserta Indonesian Funtaxtic, dan 100 orang peserta lainnya. Dalam seminar ini dibahas tentang cara pengisian faktur pajak yang sesuai dengan peraturan terbaru.

Ajang National Poster Competition pun tidak kalah seru, sebanyak 103 karya dari seluruh Indonesia telah diterima, siap untuk menjalani penjurian sebagai karya terbaik. Penjurian sendiri telah dilaksanakan pada 14 April lalu dengan hasil karya dari Nabil An Nafis dengan judul "Pajak Dibayar Pembangunan Lancar" keluar sebagai pemenang pertama. Seluruh karya poster yang diterima nantinya akan diberikan kepada Direktorat Jenderal Pajak.

(mdk/bmo)


SHARE & FOLLOW



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS