Jumat, 4 Januari 2013 09:38:00
panen padi. shutterstock



Meleset di 2012, Dahlan tetap ingin cetak 100.000 hektar sawah


Reporter : Idris Rusadi Putra



Merdeka.com - Kementerian BUMN tetap menargetkan akan mencetak 100.000 hektar lahan sawah baru pada 2013. Saat ini, Kementerian baru berhasil mencetak 3000 hektar lahan yang terletak di Ketapang, Kalimantan Barat.

Deputi Bidang Industri Primer Kementerian BUMN, Zamkani mengakui pihaknya kesulitan untuk memperoleh lahan baru pada tahun 2012. Pencetakan lahan akan menjadi pekerjaan keroyokan tiga BUMN yaitu Sang Hyang Sri, Pertani, dan Pupuk Indonesia.

Target lahan 100.000 hektar tersebut, akan dibagi bagi kepada tiga perusahaan pelat merah tersebut. Dengan lokasi lahan masih berada di Kalimantan. "Nanti bertahap karena sumber daya terbatas. Walaupun keroyok ada kemampuan maksimalnya dan juga ada kendala seperti lahannya cocok atau tidak," kata Zamkani ketika ditemui di Kementerian BUMN, Jumat (4/1)

Dia berharap dari setiap satu hektar lahan sawah, akan memproduksi 5 ton beras, sehingga program ini akan membantu pemerintah mencapai swasembada beras. Pencetakan lahan sawah baru ini karena sudah banyak lahan sawah yang menjadi mal dan ruko.

"Sementara potensi Kalimantan semua. Kalau produktivitasnya 5 ton per hektar. Investasinya tergantung medannya. Harus ada perluasan lahan. Ini Pak Dahlan minta kalau tidak ditambah lahan jadi susah (swasembada padi)," katanya.

Dia menegaskan pencetakan lahan baru, bisa meningkatkan bisnis perusahaan pelat merah. "Kalau dari program pemerintah mencapai swasembada beras, dan kita mencoba dari sisi bisnisnya, peluang buat kita harus ditingkatkan produksinya," katanya.

(mdk/arr)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM