Kamis, 5 April 2012 15:30:00
SPBU Total. merdeka.com/dok



Dibanding Shell dan Total, Pertamax diklaim lebih berkualitas


Reporter : Saugy Riyandi



Merdeka.com - Saat ini, masyarakat memiliki berbagai pilihan bahan bakar minyak bagi kendaraan. Tidak hanya produk dalam negeri, produk BBM asing pun banyak ditemui di berbagai wilayah Indonesia. Meskipun dari segi harga bervariasi, Pertamina berani bersaing dengan SPBU asing.

Jika dibandingkan dengan produk bahan bakar minyak (BBM) beroktan 92 milik asing seperti Shell Super dan Performa 92 milik Total, Pertamax masih jauh lebih mahal. Namun, PT Pertamina memastikan bahwa Pertamax memiliki kualitas yang lebih tinggi.

"Secara kualitas, kita lebih unggul. bahan bakar kita ada tambahan adiktif untuk menyempurnakan pembakaran," ungkap Vice Corporate Communication Pertamina Mochammad Harun kepada merdeka.com, Kamis (5/4).

Sebagai perbandingan, untuk jenis BBM oktan 92, SPBU Total milik Perancis menjual BBM jenis Performa 92 (setara Pertamax) dengan harga Rp 9.950 per liter. Demikian pula dengan SPBU Shell milik Belanda, menjual BBM jenis Shell Super (setara Pertamax) dengan harga Rp 9.950.

Jikadibandingkan dengan harga jual Pertamax, Pertamina menjual harga eceran Pertamax lebih mahal. Harga Pertamax saat ini Rp 10.000 per liter. Dengan kata lain, terdapat perbedaan harga sebesarRp 50 per liter.

Harun mengatakan, kualitas Pertamax akan memberikan dorongan energi yang cukup besar dibandingkan produk BBM milik asing. Dia menuturkan, wajar jika melihat harga yang sedikit lebih tinggi jika dari sisi kualitas terjamin. "Jadi tidak ada sisa bahan bakar di mesin-mesin sehingga energi yang didapat akan jauh lebih besar," tambahnya.

(mdk/oer)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM