Rabu, 2 Januari 2013 11:14:00
Ilustrasi Rel Kereta. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro



Rel ganda jalur utara dikebut tahun ini


Reporter : Ardyan Mohamad



Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku akan memprioritaskan kereta api sebagai moda transportasi massal utama bagi Indonesia. Karena itu tahun ini pembangunan rel ganda di jalur utara Pulau Jawa ditargetkan tuntas.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan maksimal Desember mendatang, rel ganda sudah selesai dibangun dan menghubungkan Jakarta hingga Surabaya. "Kereta api jalur ganda utara, 2013 akhir harus bisa selesai," ujarnya di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Menhub ngotot merampungkan rel ganda itu lantaran berhasrat meningkatkan pengangkutan kontainer melalui moda kereta api. Jelang berakhirnya kabinet Indonesia Bersatu jilid dua 2014 mendatang, dia ingin agar transportasi barang tidak kalah dengan penumpang.

"Kalau jalur ganda pertama akan lebih lancar (lalu lintas kereta), kedua angkutan kontainer barang bisa tersalurkan lebih cepat karena perekonomian di situ letaknya. Jangan hanya penumpang (yang kita perhatikan)," paparnya.

Selain ngebut membangun rel ganda utara Jawa, EE Mangindaan mengaku sudah mulai merintis pembangunan jalur ganda serupa di wilayah selatan Jawa. Jalur rel itu menghubungkan Bandung, Purwokerto, Jogja, Solo, Madiun, sampai Surabaya.

"Karena kalau kita hanya andalkan utara, kasihan selatan. Dan terlalu bertumpuk nanti di utara. Karena angkutan massal yang kita dambakan nanti ke depan adalah kereta api," katanya.

Sampai Agustus 2012, pembangunan jalur kereta Jakarta-Surabaya yang mencapai 727 kilometer itu mencapai 47 persen. Total kebutuhan dana pembangunannya sebesar Rp 9,7 triliun.

(mdk/rin)


CARA GAMPANG BACA BERITA, JOIN :
 



TAG TERKAIT




KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM