Kamis, 21 Juni 2012 09:42:00
PEMERINTAH PROVINSI JAKARTA





Jakarta Juara umum lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an, (MTQ)

Reporter : Humas Merdeka


Merdeka.com - Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Meraih Juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran, (MTQ) Tingkat Nasional ke XXIV, yang berlangsung di Ambon, Maluku tanggal 8 Juni 2012 hingga 15 Juni 2012 lalu.Lomba MTQ tingkat nasional ini di ikuti oleh 33 provinsi.

MTQN ke-24 ini memperlombakan enam cabang yakni Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran dan menulis kandungan Al Quran. Untuk cabang Tilawatil Quran dibagi enam golongan mata lomba, yakni Tartil Quran anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba. Dan cabang Hifzil Quran terdiri atas lima jenis lomba, masing-masing satu juz dan Tilawah, lima juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz..

Sekilas mengenai MTQ pada tahun 2007 STQdi adakan di Jakarta , kafilah Provinsi DKI Jakarta dinyatakan menjadi juara umum , sementara itu pada tahun 2008 MTQ di adakan di Banten, Provinsi DKI Jakarta mendapat juara umum , dan dalam kesempatan yang lain ditahun 2009 STQ yang di adakan di Jakarta , Provinsi DKI Jakarta kembali mendapatkan juara umum , pada tahun 2010 MTQ di selenggarakan di Bengkulu, Provinsi DKI Jakarta mendapat peringkat kedua setelah jawa barat, Lalu pada tahun 2011 STQdiadakan di Banjarmasin dan Provinsi DKI Jakarta di tetapkan menjadi juara umum, dan pada tahun 2012 MTQ yang di selenggarakan di Ambon , Provinsi Maluku, Provinsi DKI Jakarta meraih juara umum.

Manisnya kemenangan menjadi juara umum tahun ini semakin terasa ketika setelah bertahun tahun Provinsi DKI Jakarta tidak dapat menyandingkan nomor bergenggsi yaitu tilawah dewasa putra dan putri . dan pada Tahun ini pada nomor tersebut Provinsi DKI Jakarta mampu meraih keduanya secara bersamaan , adapun total medali yang di raih adalah : 10 emas , 5 perak dan 5 perunggu serta 9 cabang mendapat predikat juara harapan. Total cabang yang di perlombakan adalah 38 cabang, itu berarti DKI menempatkan 29 cabangnya pada urutan berprestasi . hanya 9 cabang yang belum berhasil meraih predikat juara.

Setelah ditetapkan sebagai pemenang, piala langsung diberikan oleh Wakil Presiden RI Boediono yang hadir pada penutupan MTQ ke XXIV di Kota Ambon Provinsi Maluku.

Setibanya di Jakarta senin (18/6) kafilah langsung disambut dengan suka cita oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bapak Fauzi Bowo di Balai Agung Balaikota Jakarta.

Laporan : Putri Meidya sari

(mdk/hum)


SHARE & FOLLOW






KOMENTAR ANDA



BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS