Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria Pengusaha, Politisi
Nama Lengkap
Ir. Ahmad Riza Patria MBA
Alias
Ariza
Agama
Islam
Tempat Lahir
Banjarmasin
Tanggal Lahir
Rabu, 17 Desember 1969
Zodiak
Sagittarius
Warga Negara
Indonesia
Istri
Ellisa Sumarlin, SE.
Anak
Aisha Safa Putri Callista, Aqila Khiaranisa, Athila Hannadhira
Biografi

Ir. Ahmad Riza Patria, MBA. atau lebih akrab disapa dengan Bang Ariza adalah seorang tokoh pemuda kelahiran Banjarmasin pada 17 Desember 1969. Riza Patria merupakan putra dari Drs. H. Amidhan yang merupakan Ketua MUI. Beliau merupakan orang yang sangat aktif dalam berorganisasi. Beliau pernah tercatat sebagai Ketua DPP KNPI untuk periode 1999-2002 dan periode 2002-2005. Pada periode 2002-2005 beliau juga menjabat sebagai Ketua DPD KNPI untuk Provinsi DKI Jakarta. Di tahun 2008 tepatnya saat kongres KNPI di Bali, Bang Ariza dan Aziz Syamsudin yang juga merupakan Anggota Komisi III DPR RI saat itu, bertarung untuk merebutkan kursi Ketua Umum DPP KNPI. Saat kongres sebelumnya di Bekasi pada tahun 2002, beliau juga bertarung melawan Idrus Marham pada putaran kedua.

Selain aktif di KNPI, beliau juga aktif di berbagai organisasi lainnya. Nama Ahmad Riza Patria juga tercatat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih dan Komandan Nasional Menwa Indonesia. Beliau juga pernah menjadi pengurus dari DPP GEMA MKGR, Wasekjend KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Sekjend DPP Persatuan Anak Guru Indonesia, dan berbagai organisasi lainnya. Beliau telah mulai ikut aktif berorganisasi sejak masih SMA.

Selain sibuk sebagai seorang aktifis, beliau juga memiliki ketertarikan di dunia bisnis. Beliau mendapatkan gelar Insinyur setelah lulus dari ISTN dan mengembangkan ketrampilan beliau di dunia bisnis. Beliau adalah Direktur Utama di PT. Gala Ariatama. Beliau mendapatkan gelar magister dari ITB Bandung. Dalam dunia politik beliau aktif dalam Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan menjadi salah satu Ketua DPP serta anggota Badan Seleksi Partai Gerindra.

Pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di tahun 2012, Beliau mendampingi Mayjen TNI (Purn) Hendarji Soepandji sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2012-2017.

 

Riset dan Analisis: Galih Setyo Pribadi

Last Update: 4 April 2014

Pendidikan
  • 2008: Master in Bussines Administration – ITB, Bandung
  • 1997: Sarjana Teknik Sipil ISTN, Jakarta
  • 1989: SMA Islam Al-AZHAR Pusat, Jakarta
  • 1986: SMP Islam Al-AZHAR Pusat, Jakarta
  • 1983: SDN 08 Kedaung Kaliangke, Jakarta