Anang Hermansyah
Anang Hermansyah Artis, Politisi
Nama Lengkap
Anang Hermansyah
Alias
No Alias
Agama
Islam
Tanggal Lahir
Selasa, 18 Maret 1969
Zodiak
Pisces
Warga Negara
Indonesia
Istri
Ashanty
Anak
Titania Aurelie Hermansyah, Azriel Akbar Hermansyah , Arsy Addara Musicia Nurhermansyah
Biografi

Nama Anang Hermansyah sebenarnya lebih dikenal sebagai seorang musisi, penyanyi, dan produser musik daripada seorang politikus.

Anang yang lahir di Jember pada 18 Maret 1969 ini mengawali karir bermusiknya dengan membentuk band bernama Kidnap sebagai hasil pertemanannya dengan Pay Siburian, gitaris BIP yang saat itu masih memperkuat Slank. Melalui Pay pula Anang masuk dalam lingkungan pergaulan Gang Potlot.

Selepas mengeluarkan album Katrina dengan band Kidnap, Anang pun menempuh jalur solo dan mengeluarkan album, antara lain Biarkanlah, Lepas, Melayang dan Tania. Bersama istrinya yaitu diva terkenal Indonesia Krisdayanti yang dinikahinya pada 22 Agustus 1996, Anang mengeluarkan album Cinta, Kasih, Buah Hati dan Makin Aku Cinta yang begitu meledak di pasaran. Sayangnya pasangan yang terkenal romantis ini pun harus berpisah setelah memiliki dua orang anak yaitu Titania Aurelie Hermansyah dan Azriel Akbar Hermansyah.

Perpisahan agaknya tidak membuat Anang kehilangan semangat bermusiknya. Malahan perpisahan ini memberinya inspirasi untuk membuat album yang berjudul Separuh Jiwaku Pergi. Dalam album ini dia juga berduet dengan Syahrini dalam lagu Jangan Memilih Aku dan Cinta Terakhir yang mencetak sukses besar.

Di tahun 2011 setelah mengakhiri duetnya dengan Syahrini, Anang bertemu dengan Ashanty sebagai rekan duet baru dalam album yang bertajuk Jodohku dan melahirkan dua hits yaitu Jodohku dan Menentukan Hati. Kebersamaan pasangan ini pun berlangsung hingga keduanya menikah pada 12 Mei 2012. Pasangan Anang Ashanti ini juga akhirnya dikaruniai buah hati cantik bernama Arsy Addara Musicia Nurhermansyah yang lahir pada tanggal 14 Desember 2014.

Selain karir bermusik, Anang juga memiliki rekam jejak di dunia politik. Pada pemilu legislatif 2014, Anang maju sebagai calon legislatif DPR dapil Jawa Timur IV dari Partai Amanat Nasional. Ia pun lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dan duduk di Komisi X.

Riset dan analisa oleh Febrianti Diah Kusumaningrum