18 Potret Rumah Joglo Irfan Hakim, Luas dan Ada Akuarium Raksasa

ARTIS » MALANG | 12 Desember 2019 09:39 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Irfan Hakim merupakan salah satu artis yang namanya begitu populer di tanah air. Pemilik nama lengkap Irfan Hakim Firmansyah ini kerap wara wiri di layar kaya sebagai sebagai presenter.

Irfan Hakim telah lama malang melintang di dunia hiburan tanah air. Berawal dari menyewa rumah kos di Jakarta, Irfan kini memiliki sebuah rumah mewah dari hasil kerja kerasnya di dunia hiburan.

Rumah berkonsep tradisional tersebut kini menjadi tempat tinggalnya bersama istri dan 5 anaknya. Berikut potret rumah Irfan Hakim seperti dilansir channel youtube Ria Ricis.

1 dari 18 halaman

Rumah Joglo

Rumah Irfan Hakim ini mengusung konsep tradisional. Kecintaannya terhadap kebudayaan Indonesia, Irfan Hakim membuat rumah Joglo.

"Kalau orang denger rumah Joglo itu kan unik, klasik. Gue suka sesuatu yang klasik dan tradisional. Gua tuh sangat suka sekali, karena dulu gua juga kan pernah belajar tarian daerah, musik daerah, pernah jadi duta seni juga. Entah kenapa kecintaan gua dengan kesenian tradisional Indonesia tuh besar sekali, salah satunya dengan rumah Joglo," kata Irfan Hakim.

2 dari 18 halaman

Didatangkan Langsung dari Yogyakarta

Irfan mengaku jika rumah Joglo tersebut didatangkan langsung dari Yogyakarta. Awalnya, rumah yang ditempati Irfan merupakan tanah kosong kemudian dibangun rumah Joglo.

"Gue tuh suka keliling-keliling terus lihat ada rumah Joglo dijual. Ini dari Gunung Kidul Yogyakarta. Ini tadinya tanah kosong. Joglonya dari Gunung Kidul, gebyognya dari Solo," ucap Irfan.

3 dari 18 halaman

Barang-barang Bekas

Irfan Hakim ternyata salah satu artis yang menggunakan barang-barang bekas untuk sejumlah bagian rumahnya. Dia mencari barang-barang bernilai historis untuk beberapa bagian rumahnya seperti lampu dan beragam aksesoris dan perabotan.

"Jadi ini rumah yang lo liat rata-rata semuanya barang bekas. Pembangunannya rumah ini 1,5 tahun tapi ngumpulin barang-barangnya bertahun-tahun. Serunya membangun rumah tradisional itu kayak bikin puzzle," kata Irfan.

4 dari 18 halaman

Teras

Teras rumah Irfan Hakim tampak seperti suasana di pedesaan. Tampak sejumlah kursi dari kayu khas zaman dulu.

"Ini kursi bekas, segala macam lampunya juga," kata Irfan kepada Ricis.

5 dari 18 halaman

Ruang Tamu

Masuk ke ruang tamu tampak kursi-kursi dari kayu. Mejanya pun sama dari material kayu berbentuk bundar.

Di sekelilingnya tampak beragam hiasan-hiasan serta foto-foto keluarga. Hiasan-hiasannya pun merupakan barang-barang jadul.

6 dari 18 halaman

Cermin

Di salah satu sudut rumah Irfan Hakim terdapat sebuah cermin berbentuk persegi panjang. Tampak model-model cermin zaman dulu.

"Cermin serem om kayak di film-film kuntilanak gitu," kata Ria Ricis kepada Irfan Hakim.

7 dari 18 halaman

Radio Jadul

Tak hanya lampu dan furnitur, Irfan Hakim juga mengoleksi barang elektronik jadul. Salah satunya radio.

"Ini bisa nyala," kata Irfan Hakim.

8 dari 18 halaman

Foto Presiden Pertama RI Soekarno

Irfan Hakim ternyata merupakan salah satu artis pengagum figur Presiden Pertama RI, Soekarno. Di rumahnya ada foto Soekarno saat masih muda.

"Suka aja. Ini Soekarno umur 24 tahun dan gua suka sama kata-katanya. 'Bermimpilah setinggi langit jika engkau jatuh engkau akan jatuh diantara bintang-bintang'," kata Irfan Hakim.

9 dari 18 halaman

Penghargaan

Di salah satu sudut ruangan terdapat sebuah lemari untuk menyimpan penghargaan. Selama berkarier di dunia hiburan, Irfan Hakim telah mendapat berbagai penghargaan, mulai dari Panasonic Award hingga penghargaan dari sejumlah televisi.

"SCTV Award kategori presenter paling ngetop terus ini Panasonic Award presenter infotainment terpopuler," kata Irfan Hakim menunjukan kepada Ria Ricis.

10 dari 18 halaman

Galeri Lukisan

Di lantai dua rumahnya terdapat sebuah galeri lukisan. Irfan Hakim diketahui menyukai lukisan-lukisan dari seniman tanah air. Di salah satu sudut ruangan rumahnya, terdapat sejumlah lukisan-lukisan.

"Selain suka mengoleksi barang-barang antik gue juga suka lukisan. Ini salah satu karya temen gue dari Yogya. Ini namanya Bu Paini. Ini jadi korban kekerasan seks di zaman Jepang. Ini salah satu korbannya sampai sekarang masih hidup," kata Irfan.

11 dari 18 halaman

Kursi Zaman Belanda

Irfan Hakim memiliki banyak koleksi furnitur antik. Salah satunya kursi dari Belanda. Namun bedanya, kursi ini bukan dari material kayu.

"Ini kursi dari Belanda. Kalau orang Belanda mungkin nyampe ke bawah (tanah), tapi ini empuk banget, ada pegasnya," kata Irfan

12 dari 18 halaman

Kamar Anak

Irfan Hakim kemudian mengajak Ria Ricis untuk melihat kamar anaknya. Tampak dalam satu ruangan, ada tiga kasur. Rupanya ini merupakan kamar anak-anaknya yang perempuan.

"Wah bagus banget warnanya pinky," kata Ricis.

"Ini mereka kan bertiga biar mandiri. PR gue mencari satu kamar lagi buat si jalu sama adeknya," kata Irfan Hakim.

13 dari 18 halaman

Kebun di Balkon Rumah

Irfan Hakim juga memiliki kebun yang berada di balkon rumahnya. Dia banyak menanam aneka sayur-sayuran di balkon rumahnya.

"Jadi selain ada tempat hewan ada kebunnya juga masyaallah," kata Ria Ricis.

"Ada berbagai macam sayuran, ada selada, ada cabe, bayam," ucap Irfan Hakim.

14 dari 18 halaman

Mobil Klasik

Di samping rumah Irfan Hakim terdapat mobil jadul berwarna merah. Mobil tersebut diketahui merupakan mobil milik anak Irfan.

"Ini mobilnya si Jalu anak keempat gue. Engga pernah dipake sampai kempes-kempes," ungkap Irfan.

15 dari 18 halaman

Taman Belakang

Di belakang rumah Irfan Hakim, terdapat sebuah taman yang cukup luas. Banyak tanaman dan pohon yang ditanam di bagian belakang rumah Irfan. Lahan ini juga menjadi tempat untuk menyimpan koleksi hewan-hewan Irfan Hakim.

"Gue pelihara udah lama dari zaman gue ngekost di jakarta. Udah punya rumah lebih lebih lagi," kata Irfan Hakim.

16 dari 18 halaman

Kura-Kura Usia Puluhan Tahun

Salah satu koleksi hewan Irfan Hakim yakni kura-kura raksasa. Kura-kura ini berukuran besar berusia puluhan tahun.

"Ini usianya puluhan tahun. Gua dapetnya udah gede didatangin dari Afrika. Kura kura darat itu lebih baik," kata Irfan Hakim

17 dari 18 halaman

Akuarium Raksasa

Di rumah Irfan Hakim juga terdapat akuarium berukuran besar untuk menyimpan koleksi ikannya. Sejumlah koleksi ikan milik Irfan diantaranya koi, bawal dan sejumlah ikan langka.

18 dari 18 halaman

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.