Adi KLa Project: harus ada undang-undang pembajakan

ARTIS | 18 Mei 2013 07:47 Reporter : Kapanlagi.com Sumber:

Merdeka.com - Masalah jualan karya, terutama bidang musik di Indonesia memang tengah gamang. Dengan maraknya pembajakkan, penjualan fisik sudah sangat berkurang. RBT pun tengah mati suri hingga saat ini.

"Dunia mengarah ke digital. Namun di Indonesia malah nol. Yang main mereka (orang luar) juga. Lewat iTunes, dan lainnya, ini harus difikirkan," kata Adi Kla Project saat ditemui di acara Diskusi HAKI bersama Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Kantor Kementrian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (17/5).

Penjualan fisik yang lemah karena adanya pembajakkan membuat Adi bersama musisi lain berjuang untuk mendapatkan kembali kejayaan penjualan fisik.

"Kami perjuangkan ini. Dunia pasar itu sangat besar. Fisik memang bermasalah, pembajakkan. Toko kaset/cd sekarang tutup semua. Tahun lalu udah 40 persen aja penjualan fisik," lanjutnya.

"Harus ada peraturan tentang ITE. Perancis ada undang-undang, kalau melakukan dowwnload ilegal, akan ada peringatan, satu dua kali, tiga kali langsung dibanned email atau akunnya," tandas Adi.

Simak juga:

Diperas Label, Tompi Salahkan Artis
Menteri Perdagangan Gita Wiryawan Ajak Musisi Diskusi Pembajakan
Ikang Fawzi Ajak Musisi Awasi Pembajakkan
Sam Bimbo Pesimis Dengan Pembajakan di Indonesia
(kpl/ato/kid)

TOPIK TERKAIT

Sumber: Kapanlagi.com