Balinale Jadi Wadah Sineas Sekaligus Hibur Komunitas Film

ARTIS | 9 September 2017 12:04 Reporter : Kapanlagi.com Sumber:

Merdeka.com - Bali International Film Festival atau Balinale adalah festival film dengan sejarah panjang selama 10 tahun menayangkan ratusan film domestik maupun internasional bagi ribuan penggemar film. Festival ini juga menarik sutradara, produser dan aktor papan atas dari Indonesia dan manca negara untuk datang ke Bali.

Penyelenggaraan festival tahun ini diproyeksikan akan menjadi yang terbaik dan paling menarik dengan banyaknya filmmaker yang hadir. Film-film yang dihadirkan di Balinale adalah film-film pendek, dokumenter maupun film cerita independen yang yang berkualitas dan membuka wawasan.

Film-film yang terseleksi dari dalam maupun luar negeri mencerminkan tema festival tahun ini, yaitu MENGHUBUNGKAN KOMUNITAS MELALUI DUNIA FILM, dalam memproyeksikan visi dan mimpi dengan positif selain mengekspos pengaruh global pada budaya Indonesia yang kaya dan unik.

Balinale 2017 memperkenalkan kategori 'In Competition' dengan dewan juri yang dipimpin oleh Michael Rowe (Australia/Meksiko), pemenang Kamera Emas di Festival Film Cannes dan Venice Days Award, dengan anggota dewan Jeane Huang (Taiwan), mantan direktur Taipei Film Festival, Chief Consultant Taiwan Arts Council dan Presiden Core Cultural Management serta Erwin Arnada penulis dan sutradara RUMAH DI SERIBU OMBAK yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Pemenang di setiap kategori akan menerima piala (dari kerajinan tangan lokal Bali) dan sertifikat.

Balinale baru-baru ini ditunjuk sebagai industry partner oleh Asia Pacific Screen Award, sebuah organisasi penting yang mendukung filmmaker regional di Asia Pasifik dan dipercaya untuk mengadakan 'special screening' film COLD OF KALANDAR oleh Mustafa Kara (Turki, Hungaria) selain mengundang anggota APSA di Indonesia untuk mengambil bagian dalam Balinale.

Penyelengaraan tahunan Bali International Film Festival (Balinale) diadakan pada tanggal 24 – 30 September di Venue Partner resmi Balinale, Cinemaxx (PT Cinemaxx Global Pasifik) Lippo Mall Kuta.

"Balinale Reel Friend" dengan akses ekslusif ke Film Pembuka dan Malam Penutupan dan Penghargaan Balinale bisa didapatkan di website Balinale sementara tiket individual bisa dibeli di Cinemaxx.


(kpl/dka)

TOPIK TERKAIT

Sumber: Kapanlagi.com

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.