Cek Fakta Pernyataan Barbie Kumalasari Terbang ke Amerika Hanya 8 Jam

ARTIS | 23 September 2019 17:46 Reporter : Endang Saputra

Merdeka.com - Belum lama ini, Barbie Kumalasari diundang Boy William untuk berbincang santai. Dalam video yang diunggah Boy di saluran YouTube nya, Barbie menyatakan tentang perjalanannya ke Amerika.

Kata Barbie, perjalanannya ke Amerika hanya ditempuh delapan jam saja. Perjalanan cepat tersebut bisa terjadi lantaran ia menggunakan pesawat kelas bisnis.

"Kalau gua delapan jam sih waktu itu cepet. Gue business class lah waktu itu. Ya, lebih cepet (sampai)," ujar Barbie.
Berikut faktanya.

1 dari 5 halaman

17 Jam

Jika ditelusuri, jarak Indonesia (Jakarta)-Amerika Serikat (New York) sekitar 16.178 km. Jarak tersebut jika ditempuh dengan pesawat terbang komersil memakan waktu paling cepat 17 jam, dengan perjalanan satu kali transit.

Bahkan sejumlah maskapai luar rata-rata menempuh perjalanan di atas 30 jam dengan dua kali transit dari Jakarta menuju beberapa kota di Amerika Serikat.

Rata-rata, maskapai komersil terbang ke Amerika tidak ada yang dapat menempuh perjalanan 8 jam, seperti klaim dari Barbie Kumalasari.

Namun, ada pesawat super cepat non komersil yang dapat terbang secara kilat. Seperti Pesawat NASA jenis Boeing X-43A. Pesawat luar angkasa berkecepatan supersonik ini mampu menembus kecepatan maksimal 11.854 kilometer per jam.

X-43A menjadi pesawat dengan penerbangan supersonik, artinya, kecepatan pesawat ini kira-kira 343 m/d (1.087 kaki/detik, 761 mpj, 1.225 km/j, di udara pada permukaan laut. Kecepatan lima kali di atas kecepatan suara disebut hipersonik.

Dilansir dari laman NASA, Guinness World Records bahkan mengakui scramjet NASA X-43A dengan rekor kecepatan dunia baru untuk pesawat bertenaga jet - Mach 9.6, atau hampir 7.000 mph.

Jika jarak Indonesia-Amerika Serikat sekitar 16.178 km, waktu yang dibutuhkan dengan pesawat ini adalah kurang dari 2 jam.

Yang menjadi pertanyaan adalah Barbie Kumalasari menumpangi pesawat jenis apa bisa mencapai Amerika Serikat dalam waktu 8 jam?

2 dari 5 halaman

Pesawat Kelas Ekonomi

Sebuah maskapai biasanya menawarkan kelas-kelas yang berbeda. Seperti kelas ekonomi dan bisnis.

Kelas yang ditawarkan juga mempengaruhi pelayanan. Untuk kelas ekonomi, soal check-in dan boarding pelayanannya berbeda. Penumpang harus mengantre seperti biasa di konter.

Begitu akan boarding, harus merelakan penumpang yang bayar lebih untuk naik duluan dan kelas ekonomi yang terakhir. Itupun lewat jalur lain, kadang turun tangga dulu, naik bus, atau jalan kaki langsung ke pesawat yang ada di ujung.

3 dari 5 halaman

Kelas Bisnis

Sementara kelas bisnis, pelayanannya berbeda. Seperti dikutip dari len-diary.com untuk class bisnis ada gerbong khusus untuk penumpang bisnis sehingga tidak perlu lama mengantre.

Setelah dapat boarding pass, tidak perlu menunggu di-waiting room karena bisa ke lounge menikmati sofa empuk dan makan-minum dulu sebelum terbang.

4 dari 5 halaman

Tempat Duduk Kelas Ekonomi

Bagaimana dengan fasilitas di dalam pesawat. Tentu untuk kelas ekonomi berbeda dengan kelas bisnis. Soal tempat duduk misalnya, kelas ekonomi tempat duduknya tidak terlalu lebar.

5 dari 5 halaman

Tempat Duduk Kelas Bisnis

Sedang kan untuk class bisnis duduknya luas dan dilengkapi pijakan kaki. Mau tegak lurus, setengah berbaring sambil nonton atau tidur pulas, semuanya bisa.

Selain itu tidak seperti penumpang kelas ekonomi yang hanya punya satu tempat meletakkan barang, kelas bisnis lebih lega. Kursinya pun lebih lapang dan kursinya bisa direbahkan ke belakang.

(mdk/end)

TOPIK TERKAIT