Cerita Awal Irwansyah Dipolisikan Medina Zein Hingga Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

ARTIS | 19 Oktober 2019 05:00 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Aktor dan penyanyi, Irwansyah tersandung masalah hukum. Suami Zaskia Sungkar ini dilaporkan rekan bisnisnya Medina Susani atau Medina Zein ke polisi, Jumat (18/10).

Irwansyah diduga telah melakukan penggelapan dana toko kue kekinian yang dirintisnya bersama Medina Zein senilai hampir Rp2 miliar. Medina Zein telah secara resmi menempuh jalur hukum dengan melaporkan Irwansyah ke Polrestabes Bandung.

Untuk diketahui, Irwansyah sendiri adalah salah satu komisaris di PT Bandung Berkah Bersama, perusahaan yang menaungi kue artis Bandung Makuta. Sementara, Medina Zein merupakan pemegang saham di perusahaan tersebut.

1 dari 7 halaman

Irwansyah Diduga Lakukan Penggelapan Dana Hampir Rp2 Miliar

Medina Zein bersama suami yang juga menjadi kuasa hukumnya, Lukman Azhari melaporkan Irwansyah ke polisi. Irwansyah diduga melakukan penggelapan dana hampir Rp2 miliar.

"Dengan kejadian tersebut klien kami mengalami kerugian sebesar Rp1.985.534.367, hampir 2 miliar rupiah," kata Lukman Azhari dikutip KapanLagi.com.

2 dari 7 halaman

Merintis Bisnis Bersama

Irwansyah dan Medina Zein diketahui bekerjasama dalam membangun bisnis toko kue kekinian bernama Bandung Makuta. Bisnis ini dimulai pada tahun 2017. Dalam bisnis tersebut, Irwansyah duduk sebagai komisaris dan Medina sebagai dewan komisaris serta pemegang saham juga.

Awalnya, usaha tersebut berjalan dengan baik. Namun di tahun kedua, Medina Zein sudah tidak ada pembagian profit. Memasuki tahun ketiga, Medina mulai curiga dengan keuangan perusahaan yang dinilai sudah tidak sehat.

"Awalnya usaha ini berjalan dengan baik. Namun di tahun kedua sudah tidak ada pembagian profit. Memasuki tahun ketiga, Medina ada kecurigaan terkait keuangan perusahaan yang sudah tidak sehat. Karena ditemukannya sejumlah hutang perusahaan," ucap Lukman Azhari.

3 dari 7 halaman

Medina Sempat Tanyakan ke Irwansyah Soal Kondisi Perusahaan

Medina Zein sempat menanyakan kondisi perusahaan kepada Irwansyah. Saat itu Irwansyah menyebut jika profit dari bisnis kue tersebut hanya 7 persen. Mendengar hal itu, Medina menyebut jika hal itu tidak masuk akal. Apalagi dirinya juga merupakan seorang pengusaha.

"Karena ditemukannya sejumlah hutang perusahaan, Medina menanyakan kepada Irwansyah. Menurut Irwansyah bisnis kue ini profitnya hanya 7 persen. Menurut Medina Zein yang pebisnis, ini enggak masuk akal," ucapnya.

4 dari 7 halaman

Audit

Medina Zein kemudian melakukan audit pada bulan Juni lalu. Menurut Lukman, Medina sempat mengalami kesulitan untuk melakukan audit karena ada salah satu pemegang saham yang menolak permohonan audit.

"Kami juga bingung kenapa dipersulit. Padahal dia juga dewan komisaris dan juga pemegang saham, berhak tahu transparansi keuangan di dalam. Akhirnya dengan susah payah mencari data sendiri dengan mencross check pakai rekening koran tahun 2017, 2018 dan 2019," ucapnya.

5 dari 7 halaman

Dana Mengalir ke Perusahan Irwansyah?

Setelah dilakukan audit akhirnya terungkap aliran dana perusahaan. Dari temuan awal diketahui jika ada dana hampir Rp2 miliar yang diduga mengalir ke rekening Irwansyah dan perusahaan Irwansyah.

"Setelah dilihat seksama ditemukan aliran dana tanpa sepengetahuan Medina ke rekening pribadi yang tidak ada hubungan dengan perusahaan dan dimana ditaksir aliran dana temuan awal ini hampir Rp2 miliar yang diduga mengalir ke rekening Irwansyah dan perusahaan J-Corps (Jannah Corps) milik Irwansyah dan itu tidak ada kaitannya dengan perusahaan PT Bandung Berkah Bersama," ungkap Lukman.

6 dari 7 halaman

Bawa Kasus ke Ranah Hukum

Medina Zein akhirnya membawa kasus ini ke ranah hukum. Setelah mengumpulkan bukti-bukti yang cukup, dia resmi melaporkan Irwansyah ke Polrestabes Bandung.

"Dengan bukti-bukti yang cukup atas dugaan terjadinya tindak pidana penggelapan dalam jabatan, maka Medina Zein selaku pelapor dan salah satu pemilik saham, membawa kasus ini ke jalur hukum. (Medina) melaporkan ke pihak kepolisian di wilayah Polrestabes Bandung agar semuanya menjadi terang benderang," ungkap Lukman Azhari.

Sebelum membuat laporan ke polisi, Medina Zein mengaku sempat sempat berusaha menjalin komunikasi dengan Irwansyah dengan harapan ada itikad baik. Namun, akhirnya Medina memilih untuk mengambil jalur hukum.

"Padahal dari awal aku minta kejelasan dari semua ini tapi enggak ada telepon, komunikasi. Karena aku enggak mau ribet, kalau ini harus menempuh jalur hukum, ya sudah. Kita ikuti saja semuanya. Kita bisa buktikan siapa yang benar dan siapa yang salah di kepolisian," kata Medina Zein dilansir Liputan6.com.

7 dari 7 halaman

Irwansyah Terancam 5 Tahun Penjara

Irwansyah dilaporkan dengan Pasal 374 KUHP. Irwansyah pun terancam hukuman lima tahun penjara.

"Sejauh ini sih terkena pasal 374 ya. Di mana penggelapan dilakukan oleh orang yang penguasaannya terhadap barang disebabkan karena ada hubungan kerja karena pencaharian atau karena dengan mendapatkan upah. Dan itu ancamannya lima tahun penjara," ujar Machi Ahmad, tim kuasa hukum Medina Zein.

Adapun pihak Irwansyah hingga berita ini diturunkan belum memberikan tanggapan untuk menyampaikan klarifikasi terkait masalah ini. (mdk/end)

Baca juga:
Reaksi Irwansyah Disebut Gelapkan Uang Miliaran oleh Medina Zein
Irwansyah ke Nagita Slavina dan Zaskia Sungkar: Katanya Lagi Marahan
Jawaban Mengejutkan Artis Punya Istri Cantik Ditanya Soal Poligami
Sederet Artis Sampaikan Duka Cita untuk Kepergian Ustaz Arifin Ilham
Zaskia Sungkar Dikabarkan Hamil, Irwansyah: Gue yang Punya Bini nya Enggak Tahu

TOPIK TERKAIT